Harga Tiket Pesawat Melonjak, Jakarta-Singapura Bisa Rp 8 Juta Lebih

Andi M. Arief
31 Mei 2022, 13:47
ilustrasi pesawat
123rf

Harga tiket pesawat melonjak tajam didorong oleh kenaikan Avtur yang merupakan bahan bakar pesawat. Kenaikan harga tiket pesawat tersebut paling terdampak untuk rute Jakarta-Singapura. 

"Paling terlihat nyata (dampak kenaikan avtur adalah) rute Singapura karena kebetulan rute ini destinasi favorit orang Indonesia," kata Ketua Umum Astindo Pauline Suharno kepada Katadata.co.id, Selasa (31/5). 

Advertisement

Pauline menyebutkan, kenaikan harga tiket tersebut disebabkan karena adanya fuel surcharge yang dibebankan pada konsumen. Fuel surcharge adalah komponen biaya baru dalam industri penerbangan yang dibebankan kepada konsumen akibat dari kenaikan harga avtur, bahan bakar pesawat. Besaran biaya fuel surcharge setiap maskapai berlainan, tergantung volume avtur yang digunakan dan kapasitas penumpang yang dimiliki.

Sementara untuk pesawat domestik juga mengalami kenaikan. Namun kenaikannya tidak drastis karena pemerintah menetapkan batas harga tiket bawah dan atas.

 Melonjaknya harga tiket Jakarta-Singapura diperburuk dengan berkurangnya frekuensi penerbangan rute karena pandemi Covid-19. Beberapa maskapai yang memiliki rute Jakarta-Singapura adalah Garuda Indonesia dan Singapore Airlines. 

Pauline mencatat, frekuensi penerbangan rute Jakarta-Singapura oleh Garuda Indonesia dan Singapore Airlines sebelumnya dapat mencapai delapan kali per hari. Saat ini, hanya ada lima pernebangan yaitu Garuda Indonesia satu kali penerbangan dan Singapore Airlines maksimal empat kali. 

Berdasarkan data Traveloka, rentang harga tiket pesawat Jakarta-Singapura pada 31 Mei 2022 adalah Rp 2,82 juta - Rp 8,68 juta, sedangkan rentang harga tiket Singapura-Jakarta adalah Rp 5,45 juta - Rp 6,12 juta. Dengan kata lain, biaya perjalanan pulang-pergi Jakarta-Singapura pada 31 Mei 2021 mencapai Rp 8,27 juta - Rp 14,8 juta.

Alternatif pergi ke Singapura yaitu dengan terbang ke Batam lalu melanjutkan perjalanan menggunakan feri. Biaya perjalanan pulang pergi denfan menggunakan LCC ke Batam dan feri adalah Rp 2,78 juta. Angka itu lebih murah 66,29% dibandingka harga tiket pesawat langsung dari Jakarta-Singapura.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement