Heboh Tiket Borobudur, Berapa Tarif Masuk Situs Heritage Negara Lain?

Tia Dwitiani Komalasari
6 Juni 2022, 17:18
Ilustrasi ibu dan anak yang berjalan di Tembok Cina
Pexels
Ilustrasi ibu dan anak yang berjalan di Tembok Cina

Pemerintah berencana menetapkan tarif baru untuk mendapatkan akses naik ke Candi Borobudur. Harga tiket untuk warga asing mencapai US$ 100 per orang dan untuk pelajar Rp 5.000 per orang.

Sementara untuk WNI sebelumnya diberitakan bahwa tarifnya akan ditetapkan sebesar Rp 750.000 per orang. Namun penetapan tarif tersebut kini masih dibahas lebih lanjut dan akan diumumkan keputusannya pekan depan.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa rencana pembatasan kuota pengunjung dan kenaikan tarif untuk naik ke area stupa Candi Borobudur merupakan upaya untuk menjaga warisan budaya dunia tersebut.

“Candi Borobudur itu kan cagar budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Dengan relief yang sarat makna khususnya bagi umat Buddha dan kita umat manusia, penting bagi kita semua memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara tersebut,” ungkap Luhut secara tertulis, Minggu (5/6).

 Sebagai perbandingan, redaksi Katadata.co.id menghimpun data harga tiket masuk dari lima bangunan heritage terkemuka di dunia. Berikut rangkumannya:

1. Wat Arun, Thailand

Wat Arun adalah candi Budha sekaligus situs paling terkenal di Bangkok, Thailand. Situas heritage yang memiliki nama lengkap Wat Arunratchawararam Ratchatarom Vihara ini merupakan kuil tertua di Thailand. dan dibangun pada zaman Kerajaan Ayutthaya.

Kuil ini termasuk destinasi yang paling banyak diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Thailand. Berdasarkan situas tourismthailand.org, tiket masuk ke Kuil Wat Arun senilai 50 Thai Baht atau sekitar Rp 21.050.

2. Tembok Besar Cina

Tembok besar Cina merupakan bangunan terpanjang di Cina yaitu mencapai 8.850 km. Pembangunan tembok besar Cina dimulai pada 722 sebelum masehi.Namun pembangunan terbanyak paling banyak di Dinasti Ming pada 1368-1644 masehi.

Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berdasarkan travelchinaguide.com, tiket masuk tembok besar cina berkisar antara CNY 25 – CNY 65 atau Rp 54.300 – Rp 141.200 per orang. Harga tiket masuk tersebut tergantung waktu dan lokasi masuk. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...