Airport Tax Naik Diam-diam di Tengah Meroketnya Harga Tiket Pesawat

Andi M. Arief
15 Juli 2022, 22:24
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan seorang calon penumpang sebelum mengikuti vaksinasi booster COVID-19 di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (8/7/2022). PT Angkasa Pura cabang Bandara Soetta membuka gerai vaksin COVID-19 untuk
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan seorang calon penumpang sebelum mengikuti vaksinasi booster COVID-19 di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (8/7/2022). PT Angkasa Pura cabang Bandara Soetta membuka gerai vaksin COVID-19 untuk mempermudah calon penumpang yang belum melakukan vaksinasi booster yang rencananya akan menjadi syarat wajib untuk bepergian dengan pesawat terbang.

Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (APJAPI) menyoroti kenaikan Pelayanan Jasa Penumpan Pesawat Udara (PJP2U) atau airport tax yang signifikan namun tidak dilakukan secara  transparan. Kenaikan biaya tersebut dinilai tidak tepat karena mendorong tingginya biaya pesawat terbang.

Ketua APJAPI, Alvin Lie, mengatakan penambahan airport tax tidak diumumkan oleh operator bandara. Dengan demikian, kesan yang diterima konsumen adalah harga tiket pesawat makin mahal.

"Sangat disesalkan para operator bandara tidak mengumumkan secara transparan kenaikan ini. Kenaikan tarif PJP2U seharusnya diumumkan luas sebelum diberlakukan," kata Alvin dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (15/7).

Pada 24 Juni 2022, airport tax di Bandara Internasional Pattimura Ambon telah naik 40% dari Rp 50.000 menjadi Rp 70.000 untuk peerbangan domestik. Sementara airport tax penerbangan international naik 17% dari Rp 150.000 mejadi Rp 175.000. Kenaikan airport tax juga terjadi di Bandara Internasional El Tari untuk penerbangan domestik dan mancanegara, masing-masing sebesar 75% dan 25%.

Sementara 11 bandara akan menaikkan airport tax  pada 16 Juli 2022. Lima bandara lainnya akan menaikkan airport tax pada 1 Agustus 2021.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...