Didorong Mal Mewah, Okupansi Pusat Perbelanjaan Tumbuh Tipis

Andi M. Arief
31 Agustus 2022, 16:07
Pengunjung berjalan di depan gerai salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Ketua UmumÊHimpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo)ÊBudihardjo Iduansjah mengatakanÊoptimistis penjualan di sektor ritel menga
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Pengunjung berjalan di depan gerai salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (31/3/2022). Ketua UmumÊHimpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo)ÊBudihardjo Iduansjah mengatakanÊoptimistis penjualan di sektor ritel mengalami peningkatan pada bulan Ramadhan 2022Êyang disebabkan penurunanÊtren kasus COVID-19Êdan pelonggaran kebijakan PPKM di berbagai wilayah Tanah Air.

Okupansi mal atau pusat perbelanjaan naik sebesar 1% menjadi 78,52% pada semester I-2022. Perusahaan konsultan real estate, Knight Frank, menyatakan bahwa pertumbuhan okupansi mal tersebut lebih didominasi segmen premium dan grade A.

"Segmen premium dan grade A cenderung bergerak baik untuk tingkat okupansinya dibandingkan kelas-kelas lain seperti grade B dan grade C," kata Senior Research Advisor Knight Frank, Syarifah Syaukat, dalam konferensi pers virtual, Rabu (31/8).

Secara umum, tenant yang mengisi mal sejak awal 2022 berasal dari sektor makanan dan minuman, peralatan rumah, elektronika, pakaian olah raga, busana, dan departemen store.

Syarifah mengatakan ada beberapa faktor yang membuat konsumen tertarik mengnjungi pusat perbelanjaan, diantaranya adalah lokasi dan desain mal. Saat ini , mal yang baru dibuka di Jakarta cenderung mendekati ke pemukiman dibandingkan pusat bisnis.

"Dari enam mal baru yang akan beroperasi hingga 2024, hanya satu yang ada di kawasan bisnis," kata Syarifah.

Selain itu, Syarifah menemukan tingkat kunjungan konsumen lebih tinggi kepada properti yang menekankan aspek ramah lingkungan. Dengan kata lain, Syarifah berpendapat ruang terbuka di dalam mal akan meningkatkan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...