Harta Miliarder Singapura yang Lahir di RI Melejit Berkat Elon Musk

Miliarder kelahiran Indonesia, Leo Koguan, dikabarkan merupakan penggemar Bos Tesla, Elon Musk.
Andi M. Arief
23 September 2022, 15:39
Leo Koguan
The Edge Singapore
Leo Koguan

Pria kelahiran Indonesia, Leo Koguan, tercatat sebagai orang ketujuh terkaya di Singapura versi majalah Forbes. Kekayaan miliarder kebangsaan Amerika Serikat tersebut ternyata tidak lepas dari perusahaan besutan Elon Musk, Tesla Inc.

Kekayaan Leo Koguan tercatat naik tiga kali lipat selama 2021. Hal tersebut didorong pertumbuhan harga saham Tesla Inc pada 2019-2021.

Berdasarkan data Market Watch, saham emiten otomotif berkode TSLA ini diperdagangkan sekitar US$ 21 per lembar pada 2019. Angka tersebut naik hampir 20 kali lipat menjadi US$ 407,36 per lembar pada 31 Oktober 2021.

Pada periode yang sama, kekayaan Leo naik dari US$ 1 miliar pada 2019 menjadi US$ 6 miliar pada akhir 2021. Saat ini, kekayaan Leo telah mencapai US$ 7,6 miliar atau menjadi orang terkaya ke-275 di dunia.

Dilansir dari Forbes, portofolio investasi Leo saat ini didominasi oleh saham TSLA. Pasalnya, Leo dikabarkan seorang penggemar Bos Tesla, yakni Elon Musk.

Namun demikian, nama Leo tidak masuk dalam daftar 10 besar pemegang saham TSLA per September 2022. Adapun, tiga pemegang saham TSLA terbesar sejauh ini adalah The Vanguard Group Inc (6,2%), BlackRock Fund Advisors (3,4%), dan S SgA Funds Management Inc (3,04%).

Advertisement

Kelahiran Indonesia

Dalam laman resmi Forbes, Leo tercatat lahir di Indonesia, namun kini memiliki kebangsaan Amerika Serikat. Bapak dua anak berusia 67 tahun ini kini tinggal di Singapura.

Leo lahir di Indonesia pada 1955 dari orang tua keturunan Cina. Lao kemudian tinggal di Amerika Serikat dan bersekolah di New York Law School dan mendapatkan sarjana hukum. Leo melanjutkan pendidikannya dan mendapatkan gelar magister di Universitas Columbia.

Pada 1989, Leo dan mantan istrinya, Thai Lee membeli sebuah perusahaan peralatan elektronik kurang dari US$ 1 juta. Saat ini perusahaan digital tersebut telah berkemabng menjadi SHIT Internasional dengan pendapatan per 2021 mencapai US$ 11,1 miliar.

Leo menyerahkan pengelolaan SHI kepada Thai. Namun demikian, Leo tetap menjadi chairman SHI yang membuka lapangan kerja lebih dari 5.000 orang di seluruh dunia.

 Forbes merilis daftar 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia. Forbes mencatat dari 2.668 miliarder dalam daftar orang terkaya tahun ini, hampir seperempatnya terpusat tinggal di 10 kota.

Berikut daftar lengkap 10 kota dengan konglomerat terbanyak di dunia versi Forbes:

Reporter: Andi M. Arief
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait