Lima Perusahaan dan Lembaga Raih Anugerah CSR 2022

Tia Dwitiani Komalasari
27 September 2022, 21:02
Warga beraktivitas di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga surya dan angin yang menjadi sumber listrik utama di Dusun Bondan, Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2019). Sebanyak 37 Kepala Keluarga memanfaatkan suplai listrik dari pembangk
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Warga beraktivitas di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga surya dan angin yang menjadi sumber listrik utama di Dusun Bondan, Kampung Laut, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (24/10/2019). Sebanyak 37 Kepala Keluarga memanfaatkan suplai listrik dari pembangkit listrik hasil program CSR Pertamina RU IV Cilacap tersebut untuk kegiatan belajar mengajar, keperluan rumah tangga serta proses produksi dan penyimpanan hasil budi daya tambak dengan menggunakan mesin pendingin.

Republika.co.id menggelar Anugerah CSR Republika 2022, Selasa (27/9/2022) malam. Dalam acara tersebut, Republika.co.id menganugerahi lima perusahaan di bidang berbeda yang mencakup ekonomi, lingkungan, pendidikan, sosial, dan infrastruktur.

Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaidi, mengungkapkan bahwa ini adalah gelaran pertama Republika khusus untuk CSR. Penghargaan ini, menurut Irfan, diberikan untuk mengapresiasi kinerja lembaga atau perusahaan yang menginspirasi melalui program CSR yang telah berkontribusi dalam pemulihan Indonesia dari berbagai sektor.

Advertisement

"Kita laksanakan sebagai tanda terima kasih kita kepada korporasi yang sudah secara serius menggarap program CSR-nya untuk benar-benar memberdayakan masyarakat," kata Irfan Junaidi di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Kepala Redaksi Republika.co.id, Elba Damhuri, mengatakan, CSR telah menjadi ikon utama dalam pembangunan berbagai sektor di Indonesia, seperti ekonomi, pendidikan, lingkungan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), hingga infrastruktur.

“Pada milad ke-27 Republika.co.id, Republika memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berjungan secara konsisten mengembangkan masyarakat dan lingkungan dengan program-program CSR mereka,” ujarnya.

Elba menjelaskan penilaian Anugerah CSR terdiri dari beberapa indikator, seperti program, konsistensi, jangkauan, kedekatan, dampak, dan endurance program CSR.

“Tim juri sudah menilai dan mempelajari puluhan perusahaan yang memiliki program CSR, baik dari BUMN maupun perusahaan swasta lainnya,” kata dia.

Anugerah CSR Republika 2022 yang mengangkat tema “Kolaborasi untuk Negeri" dilaksanakan secara hybrid di Ballroom 1, JS Luwansa Hotel, Jakarta, Selasa (27/9/2022) pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement