Mengandung Pestisida, Produk Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong

Tia Dwitiani Komalasari
28 September 2022, 14:30
Mie Sedaap
Instagram Mie Sedaap
Mie Sedaap

Otoritas Keamanan Pangan Hongkong atau The Center for Food Safety (CFS) menarik produk Mie Sedaap Rasa Ayam Pedas Korea dari perdagangan di negaranya. Alasan penarikan tersebut karena CFS menemukan kandungan pestisida, etilen oksida, pada sampel mie instan yang diimpor dari Indonesia.

Produk tersebut tercatat diimpor oleh Golden Long Food Trading Ltd dan dijual oleh PARKnSHOP (HK) Limited di Hongkong.

"CFS mengumpulkan sampel produk dari supermarket di Lok Fu untuk pengujian di bawah Program Pengawasan Makanan rutin. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mie, paket bumbu dan bubuk cabai produk mengandung pestisida, etilen oksida," tulis siaran pers CFS yang dikutip Rabu (28/9).

CFS telah memberi tahu vendor yang bersangkutan tentang penemuan tersebut dan telah menginstruksikan untuk menghentikan penjualan. Lembaga tersebut juga mengintruksikan produk Mie Sedaap Rasa Ayam Pedas Korea untuk dikeluarkan dari rak di retailer yang bersangkutan.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker mengklasifikasikan etilen oksida sebagai karsinogen Grup 1. Menurut Peraturan Makanan (Cap 132CM), makanan residu pestisida boleh dikonsumsi manusia jika tidak berbahaya bagi kesehatan.

"Pelanggar dapat dikenakan denda maksimum $50.000 dan penjara selama enam bulan setelah terbukti bersalah. CFS masih akan melakukan investigasi mengenai penemuan ini," tulis keterangan tersebut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...