KFC Tutup Layanan Pesan Antar 14022

Tia Dwitiani Komalasari
7 Oktober 2022, 16:48
14022
Instagram @kfcindonesia

Restoran makanan cepat saji Kentucky Fried Chicken atau KFC menutup layanan pesan antara 14022 mulai 1 Oktober 2022. Layanan pemesanan melalui telepon tersebut kini telah diganti dengan aplikasi pada smartphone.

"Mulai 1 oktober 2022 kami akan pamit undur diri karena layanan pesan antar 14022 tidak lagi beroperasi," tulis manajemen KFC dalam akun instagram @kfcindonesia, Jumat (7/10).

Sementara pembelian online di KFC saat ini bisa menggunakan aplikasi KFCku. Dalam aplikasi tersebut juga terdapat informasi mengenai produk dan promo.

Sambungan telepon 14022 merupakan layanan call center KFC yang diluncurkan sejak 2008. Selain pesan antar, sambungan telepon tersebut juga bisa menyampaikan keluhan melalui petugas customer service dalam layanan tersebut.

Selain KFC, restoran cepat saji lainnya juga memiliki layanan serupa, diantaranya McD melalui 14045, A&W melalui 14061, dan Es Teler melalui 14027.

Sejarah KFC

KFC Indonesia dikelola oleh PT Fast Food Indonesia Tbk sebagai pemegang waralaba tunggal merek tersebut di tanah air. Perusahaan didirikan oleh Keluarga Gelael pada 1978.

Pada 1979, Perseroan mendapatkan akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta. Dengan bergabungnya Salim Group pada 1990 sebagai salah satu pemegang saham utama, semakin mendorong inisiatif ekspansi bisnis Perseroan.

Tiga tahun kemudian, Perseroan terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta dengan kode FAST. Kepemilikan saham mayoritas 80% pada saat ini terdistribusi 43,84% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group dan 35,84% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20%) terbagi kepada Masyarakat dan Koperasi Karyawan.

Berdasarkan survei yang digelar Top Brand Award, KFC merupakan restoran cepat saji paling populer di Indonesia pada 2022. KFC tercatat memperoleh skor Top Brand Index (TBI) tertinggi di antara restoran cepat saji lainnya, yakni 27,2%. Kemudian diikuti MC Donald's dengan skor TBI sebesar 26,2%.

Skor TBI yang diperoleh FC dan MC Donald's tersebut cukup jauh dibandingkan Hoka-Hoka Bento yang berada di posisi ketiga dengan skor 9,4%. Disusul A & W serta Richeese Factory dengan skor masing-masing 7,6% dan 4,7%.

Adapun penilaian Top Brand Award 2022 ini berdasarkan survei terhadap 8.500 responden yang tersebar di 15 kota besar Indonesia. Responden terdiri dari 6.000 sampel acak, 1.700 sampel booster, dan 800 sampel booster B2B.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...