Tarif Tiga Ruas Tol Ini Segera Naik, Termasuk Tangerang-Merak

Andi M. Arief
7 Oktober 2022, 19:46
Foto udara kendaraan yang terjebak kemacetan di Gerbang Tol Merak di Banten, Kamis (28/4/2022).
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/tom.
Foto udara kendaraan yang terjebak kemacetan di Gerbang Tol Merak di Banten, Kamis (28/4/2022).

 Tarif tiga ruas jalan tol akan mengalami kenaikan tarif dalam waktu dekat. Ruas tersebut adalah tol Pandaan-Malang, Tangerang-Merak, dan Kanci-Pejagan.

 Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Danang Parikesit mengatakan bahwa dirinya telah menandatangani amandemen lima ruas jalan tol. Selain tiga ruas tol yang disebutkan di atas, terdapat juga tol Bengkulu-Lubuklinggau dan Serpong-Pondok Aren.

Advertisement

Amandemen tol tersebut akan mengubah proses investasi terkait Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area menjadi antar bisnis atau B2B. Dengan demikian, BPJT tidak akan memilki andil dalam investasi di rest area seperti sebelumnya. 

 "Hal tersebut akan menentukan rencana bisnis dari badan usaha jalan tol yang nantinya pasti kan berpengaruh pada penyesuaian jalan tol," kata Danang di Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jumat (7/10). 

Dia mengatakan, tol yang akan mendapatkan penyesuaian tarif adalah Tol Pandaan-Malang, Tanggerang-Merak, dan Kanci Pejagan. Saat ini, penyesuaian ketiga ruas tersebut masih menunggu tanda tangan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebelum mendapatkan tarif baru. 

 Sementara itu, tarif Tol Bengkulu-Lubuklinggau masih belum akan berubah pada tahun ini. Hal itu karena inflasi daerah yang dilalui tol tersebut terlampau rendah. 

Adapun penyesuaian yang akan dilakukan pada Tol Serpong-ndok Aren adalah perpanjangan konsesi. Danang belum menjelaskan lebih lanjut penambahan waktu konsesi yang akan diberikan kepada PT Bintaro Serpong Damai selau operator tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement