Jokowi Instruksikan PUPR Kebut Pembangunan Kawasan Pemerintahan IKN

Nadya Zahira
23 November 2022, 18:16
Suasana Jembatan Pulau Balang yaitu penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (7/10/2022). Jembatan yang merupakan akses untuk mempercepat perjalanan menuju IKN Nusantara yang telah rampung itu, saat ini belum d
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Suasana Jembatan Pulau Balang yaitu penghubung Balikpapan dengan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Jumat (7/10/2022). Jembatan yang merupakan akses untuk mempercepat perjalanan menuju IKN Nusantara yang telah rampung itu, saat ini belum dapat difungsikan karena jalan sisi darat dari Kota Balikpapan belum terbangun. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR untuk mempercepat pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintah atau KIPP Ibu Kota Negara Nusantara. Setelah wilayah 1A, Kementerian PUPR diminta memulai pembangunan KIPP di wilayah 1B dan 1C IKN Nusantara.

"Saya diminta untuk mempercepat, sekarang yang sedang dibangun itu adalah pembangunan KIPP wilayah 1A, dan Pak Presiden Jokowi juga meminta untuk segera membangun KIPP wilayah 1B dan 1C ," ujar Basuki kepada awak media, di Jakarta International Expo, Kemayoran, pada Rabu (23/11).

Basuki mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk melaporkan instruksi Presiden Joko Widodo tersebut pagi ini.

Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, KIPP IKN Nusantara terbagi atas tiga Sub-WP diantaranya yaitu, Sub-WP 1A, Sub-WP 1B, Sub-WP 1C.

Gunakan aspal Buton

Basuki mengatakan, pemerintah  mendorong penggunaan produk dalam negeri untuk pembangunan IKN Nusantara. Salah satunya dengan menggunakan aspal Buton untuk proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara.

Dia mengatakan bahwa aspal tersebut diproduksi langsung dari Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Penggunaan aspal Buton ini juga merupakan perintah dari presiden Joko Widodo.  

"Kami sudah bicara dengan asosiasi aspal Buton, dengan Pemda Buton. Carikan berapapun produksi aspal Buton yang anda bisa produksi, khususnya produksi aspal Buton murni akan saya beli," ujar Basuki.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...