Indonesia Ajak Brunei Darussalam Ikut Investasi IKN Nusantara

Nadya Zahira
25 November 2022, 21:02
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, bertemu dengan Pengiran Muda Abdul Qawi dari Brunei Darussalam di Jakarta, Kamis (24/11).
Dokumentasi Kementerian PUPR
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, bertemu dengan Pengiran Muda Abdul Qawi dari Brunei Darussalam di Jakarta, Kamis (24/11).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menawarkan kepada Brunei Darussalam untuk menjalin kerja sama dalam pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Kerja sama pembangunan IKN ini nantinya akan mengedepankan inovasi teknologi baru terutama untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.  

 Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah, saat bertemu dengan Pengiran Muda Abdul Qawi dari Brunei Darussalam di Kampus PUPR. Zainal mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PUPR sangat terbuka kepada Brunei Darussalam untuk menjajaki kerja sama berbagai sektor infrastruktur.

Advertisement

Kerja sama tersebut dilakukan melalui skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha atau KPBU, baik untuk proyek KPBU solicited yang diprakarsai pemerintah maupun unsolicited. Salah satunya kerja sama dalam pembangunan IKN Nusantara tersebut. 

 “Sekarang kami sedang membangun IKN di Kalimantan. Kami sangat terbuka untuk menerima investor dari Brunai Darussalam untuk mendukung pembangunan IKN. Sekarang kami sedang siapkan infrastruktur dasar yang ditargetkan selesai pada Semester I tahun 2023,” ujar Zainal yang dikutip dalam keterangan resmi, pada Jumat (25/11). 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement