Kementerian PUPR: 1.400 Hektare Lahan IKN Sudah Diminati Investor

Nadya Zahira
1 Desember 2022, 15:11
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). Lokasi titik nol pembangunan IKN Nusantara ramai di datangi warga yang ingin melihat saat mengisi l
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). Lokasi titik nol pembangunan IKN Nusantara ramai di datangi warga yang ingin melihat saat mengisi libur 17 Agustus.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR tengah membuka peluang untuk para investor swasta dari berbagai manca negara yang tertarik ingin berinvestasi di proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Tercatat saat ini sudah ada 1.400 hektare lahan yang diminati oleh para investor. 

 Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, mengatakan bahwa minat investasi di IKN saat ini telah bertambah sejak Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan market sounding atau penjajakan pasar.

 "Berdasarkan Otorita IKN, peningkatannya itu sampai 40 kali lipat dari market sounding pertama. Jadi sekarang sudah ada 1.400 hektar lahan yang diminati investor," ujar Endra kepada awak media, di Kantor PUPR, Jakarta, Kamis (1/12).

Dia mengatakan, investor tersebut berasal dari sejumlah negara, di antaranya Finlandia, Spanyol, Brunei Darussalam, Jepang, Korea, dan belum lama ini terdapat Malaysia. Selain itu, terdapat juga investor dalam negeri.

 "Belum lama ini Malaysia, sebelum Jepang yang melakukan investasi. Semua berbicara IKN karena ini jadi perbincangan di internasional," ujar Endra. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...