Tol Tebing Tinggi-Indrapura Akan Dibuka untuk Natal dan Tahun Baru

Nadya Zahira
2 Desember 2022, 11:52
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I di Kecamatan Pemulutan, Kab Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan, Selasa (17/1).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Foto udara proyek pembangunan jalan tol Sumatera ruas Palembang-Indralaya (Palindra) Seksi I di Kecamatan Pemulutan, Kab Ogan Ilir (OI), Sumatra Selatan, Selasa (17/1).

Jalan tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 Km akan dibuka secara fungsional untuk mobilisasi Natal dan Tahun Baru 2022-2023.  Infrastruktur yang ada di Sumatera Utara ini merupakan seksi 1 dari Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat serta bagian dari Tol Trans Sumatera.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, mengatakan, Seksi 1 Tebing Tinggi - Inderapura saat ini progres konstruksi dilapangan sudah mencapai 95,36%. Dengan demikian, jalan tol dapat digunakan secara fungsional bagi pengendara hingga selanjutnya dapat diresmikan dan dioperasikan secara penuh. 

 "Diharapkan dengan dibukanya Jalan Tol ini akan mampu meningkatkan kenyamanan dan mempercepat waktu tempuh berkendara di saat liburan arus mudik Nataru akhir tahun nanti," ujar Triono yang dikutip dalam meterangan resmi PUPR, dikutip Jumat (2/12).

 Triono menuturkan bahwa Kementerian PUPR selanjutnya akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT untuk memastikan waktu pelaksanaan buka-tutup tol tersebut. KEmenterian PUPR juga melakukan sejumlah persiapan, di antaranya posko bersama, gerbang tol, rest area, petugas jalan tol, termasuk pihak keamanan yang berjaga untuk mengantisipasi selama fungsional jalan tol dilaksanakan.

 Anggota Komisi V DPR, Bob Andika Mamana Sitepu, mengatakan bahwa masyarakat menyambut baik pembukaan jalan tol secara fungsional. Dia menghimbau emerintah dan BUJT untuk semakin meningkatkan aspek pelayanan baik pada ruas tol fungsional ini maupun lainnya yang sudah beroperasi di Pulau Sumatera. 

"Khususnya pada aspek pelayanan saat pembayaran di gerbang tol diharapkan tidak ada penumpukan antrean, juga tidak ada penumpukan kendaraan saat keluar dari tol menuju jalan non tol agar masyarakat semakin aman dan nyaman selama melakukan perjalanan," ujar Bob Andika.

 Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat seluruhnya memiliki total panjang 143,25 Km yang terbagi menjadi 6 Seksi. Untuk Seksi 2 Inderapura - Kuala Tanjung memiliki jalan sepanjang 18,05 Km dengan progres yang telah mencapai 72,91%.

 Adapun untuk Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan memiliki panjang 30 Km dengan progres mencapai 66,24%, dan Junction Tebing Tinggi sepanjang 7,07 Km. Progress tol seksi 3 mencapai 64,11% yang ditargetkan selesai konstruksinya pada Kuartal I-2023.

Sementara Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar memiliki jalan sepanjang 28 km, dengan progres mencapai 57,03%. Tol ini ditargetkan selesai konstruksinya pada pertengahan 2023 mendatang. Seksi 4 tersebut merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT PT Hutama Marga Waskita.

 Seksi 5 yakni, Pematang Siantar - Seribudolok memiliki panjang 22,30 Km. Sementara Seksi 6 Seribudolok - Parapat memiliki pamjan 16,70 Km. Saat ini, seksi 6 masih dalam tahap persiapan.

Untuk diketahui, pembiayaan Seksi 1 - 4 merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT PT Hutama Marga Waskita dan Seksi 5 - 6 merupakan dukungan Pemerintah.

Berikut ruas jalan tol Trans Sumatera yang telah beroperasi:

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait