Sepuluh Jalan Tol Baru Dibuka Jelang Libur Nataru, Ini Daftarnya

Tia Dwitiani Komalasari
7 Desember 2022, 07:48
Pekerja menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022). Ditjen Bina Marga bersama BPJT, Korlantas Polri dan Ditjen Perhubungan Darat telah melaksanakan uji laik fungsi Jalan Tol Cisumdawu
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Pekerja menyelesaikan perbaikan badan Jalan Tol Cisumdawu di Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (7/11/2022). Ditjen Bina Marga bersama BPJT, Korlantas Polri dan Ditjen Perhubungan Darat telah melaksanakan uji laik fungsi Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 dan 3 yang ditargetkan akan segera dibuka guna mendukung jalur libur Natal dan Tahun Baru.

Sepuluh jalan tol baru dibuka untuk mendukung  lalu lintas saat libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2022-2023. Jalan bebas hambatan tersebut terdiri dari dua jalan tol yang siap beroperasi dan delapan jalan tol yang dibuka fungsional.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan untuk mendukung mobilisasi selama libur natal dan tahun baru.

"Itu didukung dengan telah bertambahnya ruas jalan tol beroperasi dan jalan nasional dengan kondisi mantap," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (6/12).

Dua ruas tol yang siap beroperasi adalah;

1. Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulu

Ruas tol yang beroperasi akhir tahun ini adalah Seksi Bengkulu-Taba Penanjung  sepanjang 16,7 km. Operasional Tol Bengkulu-Taba Penanjung berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No 988/KPTS/M/2022 tertanggal 25 Agustus 2022,

2. Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu

Ruas tol yang akan beroperasi akhir tahun ini adalah Seksi Pamuluhan-Sumedang sepanjang 4,8 km dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka sepanjang 4,05 km. Operasional Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 berdasarkan Surat Dirjen Bina Marga No 0702-Db/1489 tentang Sertifikat Laik Operasi Bersyarat Jalan Tol Cisumdawu Seksi Pamulihan-Sumedang dan Seksi Sumedang-Cimalaka tertanggal 11 November 2022.

Delapan ruas tol yang dibuka fungsional adalah;

1.  Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu

Ruas tol yang dibuka fungsional adalah Seksi 2A dan 2A-Ujung sepanjang 4,8 km. Ruas tol ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi per tanggal 23 September 2022.

2. Jalan Tol Semarang-Demak

Ruas tol yang dibuka fungsional adalah Seksi 2 Sayung-Demak sepanjang 16,31 km yang saat ini progres konstruksinya sudah mencapai 99,2%. Penyelesaian sisa pekerjaan minor dan Uji Laik Fungsi akan dilaksanakan pada mingu pertama Desember 2022.

3. Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan

Ruas tol yang dibuka fungsional adalah Paket 3 Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 km. Jalan utama Tol Sadang-Kutanegara siap difungsionalkan mendukung Nataru melalui jalan kawasan industri ke Simpang Susun Karawang Timur.

4. Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Ruas tol yang dibuka fungsional adalah Seksi 5 Balang Bintang-Kutobaru sepanjang 7,3 km dan Seksi 6 Kutobaru-Simpang Baitussalam sepanjang 5 km. Penyelesaian jalan utama kedua ruas ini ditargetkan selesai minggu ketiga Desember 2022.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...