Bukan Bali, Ini 5 Provinsi yang Terbanyak Dikunjungi Saat Libur Nataru

Nadya Zahira
13 Desember 2022, 20:13
Foto udara kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang - Jagorawi, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021)
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Foto udara kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang - Jagorawi, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021)

Survey Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sebanyak 44,17 juta orang Indonesia akan berpergian selama libur natal dan tahun baru atau nataru. Terdapat lima wilayah yang menjadi daerah tujuan terbanyak dari warga tersebut  pada mudik natal 2022 dan liburan tahun baru 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaraan  nataru tahun ini. Hal ini berbeda dengan dua tahun lalu saat pandemi Covid-19.

Namun demikian, mobilitas warga pada libur natal dan tahun baru akan sangat tinggi. Pasalnya, libur natal dan tahun baru bertepata dengan libur sekolah.

"Tentu ini akan memberikan lonajakan penumpang yang cukup banyak," ujar Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (13/12).

Kemenhub memperkirakan terdapat lima tujuan utama warga yang berpergian pada Nataru tahun ini.

Lima wilayah tersebut adalah:

1. Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi tujuan terbanyak warga yang berpergian saat nataru yakni sebanyak 8,7 juta orang. Jumlah tersebut setara dengan 19,7% dari 44,17 juta warga yang mudik saat nataru.

2. Jawa Timur sebanyak 7,7 juta orang atau setara dengan 17,5%

3. Jawa Barat sebanyak 6,5 juta orang atau setara dengan 14,6%

4. Jabodetabek yang mencapai sebanyak 4,7 juta orang atau setara dengan 10,5%

5. Yogyakarta sebanyak 3,6 juta orang atau setara dengan 8,2%.

 Sementara itu, Budi memperkirakan bahwa nantinya jalur utama yang paling banyak dilalui oleh mobil adalah Jalur Tol, yakni sebesar 58,7%. Sedangkan Jalur Arteri diprediksi sebesar 41,3%.

 Adapun jalur utama yang paling banyak akan dilalui oleh sepeda motor adalah Jalur Lintas Utara Jawa Pantura yakni, sebanyak 12,8% dan Jalur Lintas Jawa Tengah sebesar 11,92%.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) tengah menyelesaikan pembangunan jalan tol guna mendukung arus lalu lintas masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022-2023. Kementerian PUPR menyiapkan 2 ruas jalan tol beroperasi dan 8 jalan fungsional.

 

 

 

 

Reporter: Nadya Zahira
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait