Bukan Bali, Ini 5 Provinsi yang Terbanyak Dikunjungi Saat Libur Nataru

Nadya Zahira
13 Desember 2022, 20:13
Foto udara kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang - Jagorawi, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021)
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Foto udara kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Pondok Pinang - Jagorawi, Jakarta Selatan, Rabu (22/12/2021)

Survey Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa sebanyak 44,17 juta orang Indonesia akan berpergian selama libur natal dan tahun baru atau nataru. Terdapat lima wilayah yang menjadi daerah tujuan terbanyak dari warga tersebut  pada mudik natal 2022 dan liburan tahun baru 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak ada pembatasan mobilitas pada penyelenggaraan  nataru tahun ini. Hal ini berbeda dengan dua tahun lalu saat pandemi Covid-19.

Advertisement

Namun demikian, mobilitas warga pada libur natal dan tahun baru akan sangat tinggi. Pasalnya, libur natal dan tahun baru bertepata dengan libur sekolah.

"Tentu ini akan memberikan lonajakan penumpang yang cukup banyak," ujar Budi saat Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (13/12).

Kemenhub memperkirakan terdapat lima tujuan utama warga yang berpergian pada Nataru tahun ini.

Lima wilayah tersebut adalah:

1. Jawa Tengah

Jawa Tengah menjadi tujuan terbanyak warga yang berpergian saat nataru yakni sebanyak 8,7 juta orang. Jumlah tersebut setara dengan 19,7% dari 44,17 juta warga yang mudik saat nataru.

2. Jawa Timur sebanyak 7,7 juta orang atau setara dengan 17,5%

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement