Dubes Cina Sebut Insiden Kereta Cepat Tak Terkait Kualitas Konstruksi

Tia Dwitiani Komalasari
21 Desember 2022, 18:24
Foto udara proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/12/2022). Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, kecelakaan kereta teknis pada proyek Kereta Cepat J
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto udara proses evakuasi bangkai kereta teknis yang mengalami kecelakaan di Campaka Mekar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (19/12/2022). Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan, kecelakaan kereta teknis pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung yang terjadi pada Minggu (18/12/2022) sore tersebut mengakibatkan dua orang pekerja yang berkewarganegaan China meninggal dunia dan lima orang luka-luka.

Kedutaan Besar Cina di Jakarta menyampaikan bela sungkawa bagi korban insiden kereta anjlok dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Mereka menyatakan bahwa insiden tersebut tidak berkaitan dengan kualitas konstruksi dan keamanan kereta cepat.

"Ini adalah tragedi dan hal ini sangat menyakitkan. Kami mengucapkan duka mendalam serta rasa simpati bagi keluarga korban," kata Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang di kediamannya di Jakarta, Rabu (21/12) dikutip dari Antara.
 
Lu Kang menambahkan bahwa sarana yang digunakan selama pemasangan rel bukan sarana operasi yang akan digunakan kereta cepat.
"Jadi, tidak berkaitan dengan kualitas konstruksi dan keamanan kereta cepat," katanya.

Kedubes China kini sedang berkoordinasi erat dengan pemerintah Indonesia serta pihak terkait untuk mencari penyebab kecelakaan. Sementara itu, para korban kini masih dalam penanganan.

Lu Kang juga mengoreksi data korban insiden tersebut. Menurut dia, insiden tersebut menyebabkan dua pekerja tewas dan dua lainnya terluka, bukan empat yang luka-luka.

"Menurut informasi yang ada, kondisi korban luka sudah stabil. Salah satu korban sudah pulang dari rumah sakit keesokan harinya, pada 19 Desember," ucapnya.

Dua orang tewas

Lu Kang menyebutkan bahwa sekitar pukul 16.30 WIB pada 18 Desember, kereta cepat sedang melaju  dan terjadi gangguan rem secara mendadak. Hal itu menyebabkan kereta kehilangan kendali dan keluar dari jalur.

Kejadian itu, kata Lu Kang, mengakibatkan dua pekerja teknis warga China meninggal dan dua pekerja lainnya, bukan empat, mengalami luka-luka.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...