Layanan Pelabuhan Merak dan Bakauheni Ditutup 6 Jam karena Cuaca Buruk

Tia Dwitiani Komalasari
29 Desember 2022, 10:10
Awan gelap terlihat dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (22/12/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Awan gelap terlihat dari Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Kamis (22/12/2022).

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) menutup layanan penyebrangan Merak - Bakauheni  pada Rabu (28/12) pukul 22.00 WIB hingga Kamis (29/12) pukul 04.00 WIB. Penutupan layanan pelabuhan tersebut diakibatkan cuaca buruk.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan bahwa saat ini pelayanan penyeberangan Merak - Bakauheni telah dibuka kembali.  Pelayaran perdana yaitu kapal express dari terminal eksekutif Sosoro-Merak pada pukul 04.00 WIB, Kamis (29/12).

Namun demikian, penutupan pelayanan penyeberangan semalam menimbulkan antrean kendaraan  di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Hal itu karena proses muat menuju kapal menjadi tertunda dan menumpuk.

 "Antrian kendaraan yang terjadi di jalan arteri sudah mulai terurai setelah layanan dibuka perdana pagi ini," kata Shelvy.

 Dia mengatakan, pengguna jasa yang menunggu layanan tetap dapat melakukan penyeberangan pada pagi ini. Namun pengguna juga bisa memilih refund dan uang pembelian tiket akan dikembalikan secara penuh.

ASDP bersama dengan regulator mengimbau kepada seluruh masyarakat, pengguna jasa penyeberangan agar lebih bijak dalam merencanakan perjalanan dengan kapal ferry di tengah cuaca ekstrem saat ini. Pengguna jasa agar tetap berhati-hati, mewaspadai cuaca buruk, memastikan kondisi stamina dan kendaraan tetap sehat dan prima.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...