Tol Cisumdawu Tuntas hingga Dawuan Awal 2023, Bandung-Kertajati 1 Jam

Nadya Zahira
29 Desember 2022, 11:15
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah /foc.
Foto udara pembangunan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) seksi 6 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (28/12/2022).

Pembangunan tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan atau Cisumdawu seksi 4 hingga 6 ditargetkan rampung pada kuartal I-2023. Dengan demikian, seluruh pembangunan tol Cisumdawu telah rampung dari seksi 1 hingga 6.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, dirinya telah melakukan kunjungan lapangan bersama Anggota BPJT Unsur Profesi Koentjahjo Pamboedi untuk mengecek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Seksi 4 hingga Seksi 6. Tiga seksi tersebut menghubungkan Cimalaka - Legok - Ujung Jaya - Dawua

"Untuk Seksi 1 hingga 3 sudah beroperasi, kemudian untuk Seksi 4 hingga 6 yang saat ini sebagian ruasnya sedang proses konstruksi sehingga dapat segera diselesaikan," ujar Danang yang dikutip dari keterangan resmi, pada Kamis (29/12).

Adapun seksi 1 yang menghubungkan Cileunyi - Pamulihan  telah beroperasi sejak awal 2022. Sementara seksi 2 dan 3 menghubungkan antara Pamulihan - Sumedang - Cimalaka, telah beroperasi akhir bulan ini. 

Dengan demikian, tol cisumdawu yang telah beroperasi saat ini dari Cileunyi - Pamulihan - Sumedang - Cimalaka.

Persingkat Waktu ke Bandara Kertajati

Dalam kunjungannya pada Seksi 5B tepatnya pada jembatan Kedondong, Danang juga menyempatkan mengecek langsung progres pembangunan jembatan tersebut. Pengerjaan jembatan dilakukan PT Girder Indonesia kurang lebih sepanjang 743,5 meter dengan realisasi sudah mencapai 65%.

"Kita berharap setelah terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting sebagai konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati," ujar Danang.

Pengoperasian seluruh Tol Cisumdawu akan memangkas jarak dan waktu tempuh antara wilayah Bandung dan Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB atau Bandara Kertajati hingga 50% atau sekitar 1 jam.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...