Jateng Tsunami Ayam Broiler, Harga di Kandang Anjlok hingga Rp 15.000

Tia Dwitiani Komalasari
10 Januari 2023, 13:35
Ayam Broiler
news.unair.ac.id
Ayam Broiler

Ratusan peternak ayam melakukan aksi demo ke empat lokasi di Jakarta, Selasa (10/1). Mereka menuntut pemerintah menyerap ayam hidup atau live bird di kandang peternak.

“Kami Peternak UMKM Mandiri menuntut pemerintah menyerap live bird atau karkas 1.5 juta ekor per minggu” kata Ketua Komunitas Peternak Unggas Nasional atau KPUN, Alvino Antonio, di Jakarta, Selasa (10/1).

Dia mengatakan, harga live bird mulai turun lagi sejak Natal 2022. Saat itu harga live bird anjlok hingga Rp 15.000 /kg terutama
di wilayah Jawa Tengah, yang merupakan pusat populasi ayam ras pedaging. Anjloknya harga karkas di Jawa Tengah berdampak pada daerah lain, misalnya Jawa Barat yang harga karkasnya turun Rp 17.500 per kg.

Harga tersebut di bawah harga pokok produksi atau HPP Rp 19.500-20.500 per kg. Sementara harga ayam karkas di level konsumen harga cenderung stabil yakni Rp 33.000 – 35.000 per kg.

"Jadi Jateng ini tsunami ayam broiler yang berdampak bagi wilayah lain, terutama ayam di supply ke Jabodetabek. Penurunan harga dibawah HPP cukup lama," ujarnya.

Bersaing dengan Perusahaan Besar

Dia mengatakan, salah satu penyebab anjloknya harga ayam di kadang tersebut karena masih banyak prusaaan integrator raksasan yang melakukan budidaya dan menjual ayam hidupnya di pasar yang sama dengan peternak UMKM mandiri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...