Harga Bawang Putih Melonjak Naik Jelang Ramadan

Nadya Zahira
6 Maret 2023, 10:29
Pedagang membersihkan kulit bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (4/7/2022).
ANTARA FOTO/Budi Prasetiyo/wsj.
Pedagang membersihkan kulit bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Harga bawang putih naik menjelang Ramadan 2023. Kenaikan harga Bawang putih tersebut terjadi sejak pertengahan Februari lalu.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di Pasar Tradisional Pondok Labu, Jakarta Selatan, harga bawang putih menyentuh Rp.35.000 per kilogram (kg). Salah satu pedagang bahan pokok, Imah, mengatakan harga bawang putih naik dari bulan lalu yang mencapai Rp 28.000 per kg. 

Advertisement

"Bawang putih harganya naik, dari yang sebelumnya hanya Rp 28.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp 35.000 per kilogram, naiknya sudah dari pertengahan bulan lalu ya,” ujar Imah di Pasar Pondok Labu, Jakarta, kepada Katadata.co.id, Senin (6/3)

Imah mengatakan, bawang putih jarang mengalami kenaikan sejak beberapa tahun belakangan. Baru kali ini harga bawang putih naik dan berlangsung cukup lama. Meski demikian, pasokan bawang putih tidak mengalami hambatan  baik dari supplier maupun petani.

“Kalau stok selalu ada, supplier dari petani juga lancar. Maka dari itu saya kurang mengerti mengapa bawang putih bisa mengalami kenaikan yang cukup lama,” ujarnya. 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional yang dikeluarkan Bank Indonesia, rata-rata nasional harga bawang putih ukuran sedang mencapai Rp 31.950 per kg pada Senin (6/3). Angka tersebut naik dibandingkan posisi bulan lalu yang mencapai Rp 30.600 per kg.

Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang tertinggi terdapat di Maluku Utara yang mencapai Rp 43.750 per kg. Sementara untuk harga bawang putih ukuran sedang terendah berada di Kepulauan Riau yang mencapai Rp 23.150 per kg. . Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang di DKI Jakarta mencapai Rp 38.000 per kg.

Impor Bawang Putih

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan, Kementerian Perdagangan telah menerbitkan persetujuan impor sebanyak 200.000 ton bawang putih dari Cina.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement