Jokowi Resmikan Kereta Api Pertama di Sulawesi Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
29 Maret 2023, 09:19
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.
Humas Kemenhub
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.

Presiden Joko Widodo akan meresmikan Kereta Api Makassar-Parepare lintas Maros-Garongkong. Ini merupakan kereta api pertama di Sulawesi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, telah mengecek Kereta Api Makassar-Parepare lintas Maros-Garongkong pada Selasa (28/3). Budi juga meninjau Depo Sarana Kereta Api di Maros yang merupakan tempat pengujian, pemeriksaan, serta perawatan kelaikan operasi sarana perkeretaapian.

Pada kesempatan tersebut, Budi juga menjajal kereta rel diesel listrik atau KRDE buatan dalam negeri dari PT INKA yang akan beroperasi melayani masyarakat dari Depo Maros ke Stasiun Ramang-Ramang. Tidak jauh dari stasiun ini terdapat destinasi wisata alam bernama Ramang-Ramang.

"Harapan kita pak Presiden Jokowi bisa hadir untuk meresmikan dan juga menyaksikan keindahan alam di Ramang-Ramang," ujar Budi dalam keterangan tertulis, Selasa (29/3).

Bagian dari Kereta Api Trans Sulawesi

Menhub menjelaskan, proyek KA Makassar-Parepare merupakan bagian dari pembangunan KA Trans Sulawesi. Pembangunan ini menjadi salah satu proyek strategis nasional.

Total panjang jalur KA Makassar-Parepare rencananya akan dibangun sepanjang 145 km. Saat ini, jalur KA tersebut sudah terbangun sepanjang 120 km.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...