Pemimpin ASEAN Pulang, Bandara Komodo Siapkan 12 Penerbangan VVIP

Tia Dwitiani Komalasari
11 Mei 2023, 07:13
Sejumlah wisatawan berjalan menuju parkiran Bandara Komodo di Manggarai Barat, NTT, Kamis (4/5/2023). Bandara tersebut mulai dipadati pengunjung baik delegasi KTT ASEAN ataupun wisatawan jelang pegelaran KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Sejumlah wisatawan berjalan menuju parkiran Bandara Komodo di Manggarai Barat, NTT, Kamis (4/5/2023). Bandara tersebut mulai dipadati pengunjung baik delegasi KTT ASEAN ataupun wisatawan jelang pegelaran KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo.

Puncak kepulangan para pemimpin ASEAN serta delegasi pada KTT ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo akan terjadi hari ini Kamis (11/5). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan pengaturan penerbangan di Bandara Labuan Bajo baik itu penerbangan VVIP, VIP, maupun penerbangan reguler, dapat dilakukan dengan baik.

"Kami terus berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti: ground handling, keimigrasian, dan pihak terkait lainnya, agar penerbangan pada puncak kepulangan VVIP dan VIP serta delegasi KTT ASEAN besok bisa berjalan lancar," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Labuan Bajo, Rabu (10/5).

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara, Direktorat Angkutan Udara, sebanyak 12 penerbangan akan membawa para penumpang VVIP dan VIP meninggalkan Labuan Bajo hari ini.

Penerbangan ini dijadwalkan akan memberangkatkan delegasi negara Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Timor Leste, dan Thailand, mulai pagi hari pukul 08.45 WITA hingga sore hari pukul 16.20 WITA.

Warga Diminta Cek Jadwal Penerbangan

Menhub kembali mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan penerbangan reguler dari dan Labuan Bajo, untuk memperhatikan kembali jadwal penerbangan pada puncak kepulangan delegasi besok.

Sebagai informasi, pengaturan penerbangan selama penyelenggaraan KTT ASEAN Ke-42 tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo. Peraturan tersebut telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 s.d 13 Mei 2023.

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...