Minyakita Kembali Dijual di Ritel Modern, Harga Rp 14.000 per Liter

Nadya Zahira
12 Mei 2023, 11:30
Pedagang memperlihatkan minyak goreng kemasan bersubsidi Minyakita di salah satu Pasar Tradisional di Pekanbaru, Riau, Selasa (7/2/2023).
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww.
Pedagang memperlihatkan minyak goreng kemasan bersubsidi Minyakita di salah satu Pasar Tradisional di Pekanbaru, Riau, Selasa (7/2/2023).

Badan Pangan Nasional atau Bapanas menugaskan kepada BUMD Pangan DKI Jakarta Food Station untuk mensuplai Minyakita ke ritel modern. Dengan demikian, masyarakat kembali bisa membeli Minyakita di  supermarket dan minimarket dengan harga Rp 14.000 per liter.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, Minyakita yang diproduksi oleh Food Station akan masuk ke ritel-ritel modern. Food Station kini memang memiliki pabrik Minyakita sendiri.

“Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia atau Aprindo kelihatannya siap menyerap produk Minyakita yang diproduksi Food Station, tapi saya minta nanti harganya tetap dijaga di angka Rp14.000 per liter," ujar Arief dalam keterangan resminya, Jumat (12/5).

Arief juga meminta jajarannya mensupport Food Station agar mendapatkan olein dengan harga yang lebih baik. Dengan demikian, margin Food Station dan peritel modern bisa terjaga dengan baik.

Sempat Dilarang Dijual di Ritel Modern

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Food Station Pamrihadi Wiraryo menyambut positif potensi pemerintah yang memberikan lampu hijau kepada ritel modern untuk bisa menjual Minyakita. Sebelumnya, Minyakita sempat dilarang dijual di pasar modern karena langka.

Produksi Minyakita awalnya hanya disalurkan kepada distributor-distributor tingkat II dan Rumah Beras yang bermitra dengan Food Station, untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat atau pengecer toko non-modern.

"Menindaklanjuti permintaan Bapanas dalam kunjungan hari ini, dan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk stabilisasi ketersedian dan harga Minyakita, Food Station bersedia untuk mensuplai juga ke beberapa ritel modern di DKI Jakarta. Untuk tahap pertama sebanyak 24 ribu liter," ujarnya.

Dia berharap, penjualan Minyakita di pasar modern bisa membantu pemerintah menstabilkan harga komoditas tersebut. Pasalnya, harga minyak goreng kemasan sederhana sudah menyentuh Rp15.000 per liter di sejumlah tempat.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...