Daftar Kereta Api Baru yang Berangkat dari Jatinegara Mulai 1 Juni

Tia Dwitiani Komalasari
31 Mei 2023, 08:27
PT KAI (Persero) menghadirkan program Tiket Promo Merdeka di momen HUT ke-77 Republik Indonesia. Terdapat 26 KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang termasuk pada program tiket Promo Merdeka dengan tarif kelas eksekutif mulai Rp170.000, bisn
Dok. PT KAI
PT KAI (Persero) menghadirkan program Tiket Promo Merdeka di momen HUT ke-77 Republik Indonesia. Terdapat 26 KA keberangkatan Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang termasuk pada program tiket Promo Merdeka dengan tarif kelas eksekutif mulai Rp170.000, bisnis Rp77.000, dan ekonomi Rp17.000.

Kereta Api Indonesia memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka baru mulai 1 Juni 2023. Pada Gapeka 2023, terdapat 4 penambahan perjalanan kereta api jarak jauh atau KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta.

Gapeka merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api. Grafik itu berguna untuk pengendalian perjalanan kereta yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Kepala Humas KAI Daop Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan perubahan Gapeka 2023 menyebabkan waktu tempuh menjadi lebih singkat dan penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik. Saat Gapeka baru diberlakukan, terdapat empat kereta api dari Stasiun Gambir yang juga akan melayani penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara.

"Sebelumnya, Stasiun Jatinegara hanya melayani turun penumpang kereta api jarak jauh," ujarnya.

Berikut daftar 4 KAJJ yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023 :

1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir - Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 06.46 WIB
2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir – Solo, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 09.06 WIB
3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara Pkl 16.56 WIB
4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir – Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara Pkl 18.46 WIB

Eva mengatakan, empat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan kereta api dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir. Penambahan layanan ini diharapkan bisa memberikan alternatif stasiun yang dapat dipilih penumpang.

Selain itu, terdapat 4 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta. Perjalanan KAJJ tersebut berlaku mulai 1 Juni 2023.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...