Pemerintah Renovasi 22 Stadion untuk Piala Dunia U-17, Termasuk JIS

Tia Dwitiani Komalasari
2 Juli 2023, 15:09
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Foto udara umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1443 H di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (2/5/2022).

Pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSi akan merenovasi 22 stadion yang berpotensi menjadi venue Piala Dunia U-17. Stadion tersebut di antaranya Jakarta International Stadium dan Stadion Gelora Bung Karno yang juga akan digunakan untuk konser Coldplay 15 November 2023.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, mengatakan renovasi 22 stadion untuk menunjang pengembangan olahraga Indonesia ke depannya.

"Pasti kami sekarang menyiapkan seluruh stadion yang berpotensi menjadi venue Piala Dunia U-17. Dari pemerintah juga sedang mempersiapkan 22 stadion yang ada di Indonesia agar ke depan dapat optimal digunakan," kata Dito Ariotedjo usai menghadiri LPS Monas Half Marathon 2023 di stadion Istora, Jakarta, Minggu (2/7).

Dito mengatakan, pemerintah dan PSSI pemilihan stadion  gelaran FIFA World Cup U-17 masih menunggu keputusan dari FIFA selaku pihak yang berwenang menentukan. FIFA akan meninjau terlebih dahulu stadion yang telah disiapkan pemerintah.

Dito mengatakan,  terdapat stadion yang sudah memenuhi standar FIFA yaitu Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Manahan, Stadion Jakabaring dan Stadion I Wayan Dipta. Pemerintah juga menyiapkan Jakarta International Stadium atau JIS sebagai pilihan venue.

"Stadion JIS menjadi opsi, namun masih ada beberapa catatan tapi memenuhi standar FIFA juga," kata Dito.

Menpora akan mengadakan pertemuan dengan PSSI terkait agenda pembahasan persiapan FIFA World Cup U-17 2023. Rencananya agenda itu akan dilakukan hari ini usai libur panjang.

Piala Dunia U-17 dijadwalkan akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Mengenai penggunaan venue atau stadion, hingga saat ini FIFA masih belum melakukan pengecekan.

Sementara Stadion Gelora Bung Karno memiliki kemungkinan kecil untuk menggelar pembukaan Piala Dunia U-17. Pasalnya stadion tersebut  akan digunakan untuk konser band Coldplay yang sebelumnya lebih dulu mendapatkan izin untuk 15 November mendatang.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...