Stok Gula Diprediksi Anjlok Imbas El Nino, Harga Bisa Makin Melonjak

Nadya Zahira
20 Juli 2023, 13:43
Pekerja memanen tebu di persawahan Desa Peganjaran, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (12/7/2023). Kementerian Pertanian menargetkan swasembada gula tercapai pada tahun 2024 menyusul luas area tebu nasional pada tahun 2023 berdasarkan data awal Maret mencapai
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Pekerja memanen tebu di persawahan Desa Peganjaran, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (12/7/2023). Kementerian Pertanian menargetkan swasembada gula tercapai pada tahun 2024 menyusul luas area tebu nasional pada tahun 2023 berdasarkan data awal Maret mencapai 509.608 hektare dengan produksi tebu mencapai 37.463.341 ton.

Stok gula diperkirakan akan terbatas pada 2024 imbas El Nino yang terjadi tahun ini. Kondisi itu akan berdampak kenaikan harga gula yang dibeli oleh industri.

Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan dan Minuman Indonesia atau GAPMMI Adhi S. Lukman mengatakan El Nino atau musim kemarau panjang diprediksi akan terjadi di Indonesia pada tahun ini. Adhi mengatakan, fenomena tersebut diprediksi akan membuat stok gula pada 2024 akan terbatas. 

Dia mengatakan, negara seperti Thailand dan India bahkan sudah melaporkan bahwa produksi gulanya turun hingga 10% tahun ini. Sementara di Brazil, sebagian produksi gula digunakan menjadi bioetanol atau bahan bakar minyak berbasis tebu.

“Jadi di satu sisi ada penurunan produksi pada gula, tapi di satu sisi juga ada regulasi yang harus dilakukan terkait konversi BBM menggunakan gula itu. Ini yang harus kita antisipasi,” ujar Adhi kepada Katadata.co.id, Rabu (18/7). 

Dia mengatakan, memproduksi gula tidak mudah. Pasalnya, masa tanam tebu berlangsung cukup lama antara 8 sampai 10 bulan. Jika tahun ini terjadi El Nino, maka di awal-awal tanam akan sulit tumbuh karena kekurangan air. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...