Tol Ngawi-Kertosono Buka Tiga Gerbang ke Kawasan Wisata Jatim

Nadya Zahira
7 Agustus 2023, 08:04
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Ngawi - Kertosono di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022). Berdasarkan data PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) volume lalu lintas kendaraan yang melintas jalan tol Ngawi - Kertosono pada H+
ANTARA FOTO/Siswowidodo/nz
Sejumlah kendaraan melintas di jalan tol Ngawi - Kertosono di wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis (5/5/2022). Berdasarkan data PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) volume lalu lintas kendaraan yang melintas jalan tol Ngawi - Kertosono pada H+1 Lebaran Rabu (4/5) sebanyak 28.724 kendaraan.

PT Jasamarga Ngawi Kertosono atau JNK telah menyediakan tiga gerbang di Jalan Tol Ngawi-Kertosono untuk mempercepat akses perjalanan menuju daerah wisata Jawa Timur seperti di daerah Madiun, Nganjuk, Ponorogo dan Magetan. 

Adapun ketiga gerbang tol tersebut yaitu GT Madiun, GT Ngawi, dan GT Nganjuk. Direktur Utama JNK, Arie Irianto, mengatakan tol ini mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan ke daerah wisata jika dibandingkan dengan akses arteri. 

Dia mencontohkan perjalanan dari Kertosono menuju Telaga Sarangan melalui jalur arteri. Sementara jika melalui Jalan Tol Ngawi - Kertosono hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 130 menit atau dapat menghemat waktu perjalanan sekitar 43,85%.

"Jalan Tol Ngawi-Kertosono juga menjadi jalur logistik yang penting bagi industri pangan Jawa Timur," ujar Arie, melalui keterangan resmi, dikutip Senin (7/8).

Dia mengatakan, Jalan Tol Ngawi-Kertosono juga menjadi akses keluar masuknya kendaraan dari lumbung padi Jawa Timur, menuju daerah perkotaan di provinsi tersebut.

Berdasarkan data JNK, volume lalu lintas kendaraan yang melalui tiga Gerbang Tol di Jalan Tol Ngawi - Kertosono sampai dengan Semester I 2023 tercatat sebanyak 26.427 kendaraan per hari. Angka tersebut meningkat 0,14% jika dibandingkan dengan lalu lintas harian pada bulan yang sama di tahun sebelumnya sebesar 26.303 kendaraan per hari.

Untuk diketahui, Jalan Tol Ngawi - Kertosono membentang dari Ngawi hingga Kertosono sejauh 88,7 kilometer atau km. Jalan bebas hambatan berbayar itu mulai dioperasikan secara bertahap sejak Maret 2018 dan pada Desember 2018 dioperasikan secara penuh. 

"Jalan tol ini terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi dan Mojokerto-Kertosono. Jalan tol ini mempunyai 3 simpang susun yaitu Simpang Susun Madiun, Simpang Susun Caruban, dan Simpang Susun Nganjuk," kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...