Pengalaman Naik Kereta Cepat, Minim Guncangan Meski Secepat Kilat

Nur Hana Putri Nabila
22 September 2023, 12:01
Sejumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat menunggu keberangkatan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berba
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Sejumlah penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) saat menunggu keberangkatan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023). PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) menjalankan uji coba operasional dengan penumpang tidak berbayar dengan total 8 perjalanan per hari dari Stasiun Halim ke Tegalluar dan kapasitas penumpang 2200 orang per hari dari tanggal 14 September hingga 30 September 2023.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau KCJB sudah berlangsung hampir sepekan. Setiap harinya, ratusan warga mendatangi Stasiun Halim dan Tegalluar untuk ikut uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Katadata.co.id berkesempatan untuk mengikuti uji coba KCJB tahap pertama pada Kamis (21/9). Uji coba berawal dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar pulang pergi.

Sebelum masuk stasiun, peserta uji coba diminta untuk registrasi melalui petugas di lantar dasar, satu jam sebelum jadwal keberangkatan. Peserta diminta menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas.

Peserta kemudian dipersilakan naik ke area tunggu di lantai sebelum menuju rangkaian kereta cepat. Pada uji coba itu, pengunjung juga diberikan goodie bag hitam yang berisi susu, air mineral hingga biskuit untuk bekal selama perjalanan.

Uji Coba Kereta Cepat
Uji Coba Kereta Cepat (Nur Hana Putri Nabila/Katadata)

Pembangunan Stasiun Masih Berlangsung

Stasiun KCJB Halim pada Kamis (21/9) siang itu tampak sepi. Terlihat bangunan stasiun itu belum tertata rapih. Eskalator dan elevator bahkan belum dioperasikan sehingga penumpang harus naik tangga. 

Stasiun Halim
Stasiun Halim (Nur Hana Putri Nabila/Katadata)

Pengerjaan Stasiun Halim masih berlangsung. Pekerja konstruksi terlihat sibuk dan tersebar di beberapa lokasi baik di dalam maupun luar stasiun.

Area peron mulai ramai penumpang uji coba KCJB pada 13.30 WIB, atau setengah jam sebelum jadwal keberangkatan pukul 14.00 WIB. Penumpang uji coba KCJB tidak hanya masyarakat umum, melainkan juga Polisi, TNI, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN).

Interior Mewah

Kondektur kemudian mempersilakan pengunjung untuk segera masuk ke dalam kereta yang berwarna merah itu. Saat masuk ke dalam, terlihat Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki tampilan eksterior dan interior berbeda dengan kereta lainnya.

Saat uji coba KCJB, penumpang masyarakat umum mendapatkan jatah gerbong second class dengan tata letak tempat duduk 2 dan 3 kursi. Namun demikian, tampilan kursi tersebut cukup mewah dengan menggunakan bahan suede dan desain motif batik Mega Mendung yang mencolok.

Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung
Uji coba Kereta Cepat Jakarta Bandung (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.)

Pilihan warna yang dominan pada tempat duduk adalah biru dan abu-abu. Eksterior Kereta Penumpang juga terinspirasi dari sisik Komodo yang tercermin dalam corak segitiga di hidung dan pintu-pintu kereta.

Kereta dengan daya tampung 555 penumpang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang nyaman. Fasilitas tersebut mencakup stop kontak, televisi, meja lipat, serta fasilitas toilet yang dirancang untuk melayani dengan baik pengguna berkebutuhan khusus. Tampilan toiletnya pun cukup mewah dibandingkan kereta pada umumnya di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Nur Hana Putri Nabila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...