Menawarkan Persawahan Sebagai Atraksi Wisata

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
13 Desember 2019, 14:45
Desa Pulutan
Katadata

Desa Pulutan yang berlokasi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta, perlahan beranjak dari ketertinggalan. Pada 2016 Desa Pulutan masih menyandang predikat desa tertinggal namun pada 2018 statusnya naik menjadi desa maju.

“Menjadi desa maju pada 2018 berkat pompa air bawah tanah, membuat warga lebih mudah untuk bertani,” ujar Kepala Desa Pulutan Agus Darmanta.

Keberadaan pompa air pada 2017 mampu mengubah lahan yang tandus menjadi persawahan hijau. Dengan bantuan saluran irigasi, sebanyak 200 rumah di enam dusun dan 47 hektare sawah bisa mendapatkan pasokan air.  Kini, Desa Pulutan tak lagi mengalami krisis air.

Badan usaha milik desa (BUMDes) kemudian mengembangkan program mina padi. Genangan air di sela-sela padi diisi dengan budidaya ikan. Mekanisme ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil sawah karena bisa membudidayakan dua hal secara bersamaan. Selain itu, persawahan dijadikan sebagai tempat rekreasi alam yang diberi nama wisata ‘Lembah Desa’.

Direktur Bumdes Maju Mandiri Wartono berpendapat, wisata alam di Desa Pulutan berbeda dibandingkan dengan desa lain. “Mina padi bisa menjadi daya tarik karena di dalamnya (sembari) bisa melakukan edukasi bertani dan budidaya ikan air tawar,” ujarnya.

Berbekal penyertaan modal dari Dana Desa sebesar Rp 140 juta, Desa Pulutan menawarkan wisata ‘Lembah Desa’ yang dilengkapi sejumlah fasilitas. Antara lain gazebo, area parkir, dan toilet. Di areal tersebut juga ada sejumlah pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Karena baru beroperasi BUMDes Maju Mandiri belum mengenakan retribusi.

“Sekarang, kami akan fokus mengembangkan wisata. Arah ke depan, akan ada perbaikan jalan karena banyak orang bersepeda sore hari di sini, dan juga mau membuat arena outbond. Akan ada pula paket wisata edukatif untuk anak sekolah,” ucap Wartono.

Dampak positif kehadiran ‘Lembah Desa’ ikut dirasakan warga Pulutan. Sunaryati salah satunya. Dia adalah pemilik warung di Lembah Desa yang merasakan kenaikan pendapatan sejak berjualan di area wisata.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...