Jangan Kecewa Karena Tak Bisa Mudik, Coba Sungkem Online Saja

Kita tetap bisa bersilaturahmi dengan orang tersayang saat lebaran menggunakan aplikasi daring.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
28 April 2020, 12:40
Ponsel medsos
Arief Kamaludin | Katadata

Pandemi virus korona diprediksi berlangsung sampai dengan Juni 2020, dengan kata lain umat muslim melalui bulan puasa dan hari raya Idul Fitri 1441 H dalam suasana pandemi. Demi menahan laju penyebaran Covid-19 ini, pemerintah melarang masyarakat mudik ke kampung halaman.

Mudik merupakan tradisi khas yang ada di negeri ini setiap jelang lebaran. Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan diketahui, tiga provinsi di Pulau Jawa (Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat) termasuk wilayah tujuan mudik utama.

Tiga wilayah tersebut kini masuk ke dalam daftar provinsi dengan kasus virus korona terbanyak di Tanah Air. Oleh karena itu, pergerakan atau mobilitas manusia dari dan ke Jateng, Jatim, dan Jabar sangat dibatasi. Karena tidak ada mudik, mari lebaran di rumah saja.

(Baca juga : Puasa di Rumah Saja, Coba Kegiatan Seru Ini)

Terima kasih kepada teknologi yang membuat interaksi manusia menjadi lebih mudah meskipun terpisah jarak yang jauh. Jika biasanya sungkem dilakukan langsung di hadapan orang tua maka tahun ini sungkemnya via aplikasi dulu ya.

Sebut saja “sungkem online”. Kegiatan ini sebetulnya merujuk kepada aktivitas konferensi telepon atau video bersama keluarga untuk saling melepas rindu. Ada beberapa pilihan aplikasi video conference yang dapat diakses menggunakan gawai. Cukup unduh, bikin akun, dan pakai. Merangkum dari sejumlah sumber, inilah lima aplikasi yang bisa dicoba untuk konferensi telepon dan video saat hari raya :

(Baca juga : Kuliner Buka Puasa Favorit di Aplikasi Pesan Antar)

1. Skype

Aplikasi ini sering digunakan berbagai kalangan di Indonesia. Skype bisa mengakomodir kebutuhan untuk bersilaturahmi dengan banyak anggota keluarga tanpa batasan waktu. Untuk mengakses ini, kita hanya perlu memiliki akun. Tanpa biaya alias gratis.

2. Zoom

Zoom sangat populer untuk fitur rapat daring atau video conference. Tapi kita tetap bisa menggunakannya bersama keluarga. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengajak banyak anggota keluargamu bertatap layar kaca bersamaan. Zoom juga menyediakan fitur chat sehingga kita bisa mengirimkan pesan saat video call berlangsung. Namun, untuk Zoom memiliki batas waktu telepon bagi pengguna tak berbayar.

3. WhatsApp

Video call melalui WhatsApp sangatlah praktis karena semua kalangan menggunakannya sebagai layanan mengobrol dan telepon. Namun, aplikasi ini hanya bisa melakukan video call maksimal empat orang dalam satu sambungan telepon. Aplikasi ini bisa diandalkan jika kita ingin menelepon orang tua kita atau saudara secara pribadi.

4. Google Duo atau Hangouts

Kedua aplikasi ini dimiliki Google. Anggap saja begini, Google Duo digunakan ketika kita akan menghubungi kerabat secara personal. Google Hangouts dapat digunakan saat kita ingin berkumpul dengan keluarga besar. Kedua aplikasi ini akan lebih mudah digunakan ketika memiliki akun Google, karena akan langsung terhubung dengan akun yang kita miliki. Kita dapat menelepon tanpa batas waktu.

5. Marco Polo

Ada pilihan lain jika kita tidak ingin menelepon secara langsung. Kita bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim video ucapan selamat lebaran ke kerabat terdekat. Marco Polo adalah penggabungan yang pas untuk mengirim pesan, media sosial, dan pesan video. Jadi, ketika tidak ingin menelepon, kita tetap bisa menampilkan wajah melalui pesan video.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Video Pilihan

Artikel Terkait