Pandemi Covid-19: Jangan Panik, Pakailah Uang Elektronik

Uang menjadi salah satu benda yang dapat menjadi medium penularan Covid-19. Untuk itu, masyarakat sebaiknya beralih ke pembayaran nontunai.
Image title
Diproduksi oleh Tim Publikasi Katadata
23 Maret 2020, 17:48

Kasus coronavirus disease atau Covid-19 di Indonesia terpantau terus bertambah. Per 22 Maret 2020, tercatat ada 579 orang terjangkit dan 49 di antaranya meninggal dunia. Pandemi Covid-19 ini tidak hanya terjadi di Tanah Air tetapi juga melanda sedikitnya 114 negara lain.

Adapun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat menyatakan kekhawatiran terkait penyebaran virus corona melalui benda mati. Salah satu benda yang rentan menjadi medium penularan adalah uang kertas karena terus berpindah tangan.

Guna menyiasati, masyarakat sebaiknya beralih ke pembayaran nontunai alias uang elektronik. Saat ini, terdapat empat pemain utama di segmen dompet digital di Indonesia, yaitu OVO, GoPay, DANA, dan LinkAja.

Penulis: Tim Publikasi Katadata

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.