Pariwisata Indonesia Melesat
Sektor pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan yang apik dalam lima tahun terakhir. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah wisatawan mancanegara pada periode 2014-2018 tumbuh sebesar 67,6 persen. Naik hampir dua kali lipat dibandingkan pertumbuhan periode 2009-2013 yang sebesar 39,2 persen.
Selain itu, menurut Travel and Tourism Competitiveness Index yang dikeluarkan World Economic Forum, daya saing pariwisata Indonesia merangsek naik dari peringkat 81 di 2009 menjadi urutan 42 pada 2017. Kinerja pariwisata yang apik turut mendongkrak penerimaan devisa negara di mana pada 2018 angka sementaranya mencapai US$ 16,11 miliar. Lebih tinggi dibandingkan 2017 yang sebesar US$ 15,24 miliar.
Berbagai capaian tersebut tidak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan. Di antaranya program empat destinasi super prioritas “Bali Baru” yakni Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, serta penerapan strategi branding, advertising, dan selling. Penguatan branding “Wonderful Indonesia” juga terus digalakkan di mana selama periode 2016 sampai Maret 2019 berhasil mendapatkan 150 penghargaan.