VIDEO

Moratorium Sawit: Komitmen Lestarikan Hutan untuk Ekonomi Indonesia

Indonesia merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia. Namun sejumlah kendala membuat perkebunan sawit di Indonesia menjadi sumber masalah.


29/10/2019, 16.52 WIB

Indonesia merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia. Namun sejumlah kendala seperti lemahnya tata kelola sawit berkelanjutan, kasus kebakaran hutan dan lahan, hingga konflik agraria membuat perkebunan sawit di Indonesia menjadi sumber masalah.

Pemerintah pusat merespon hal tersebut dengan menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 Tahun 2018 untuk moratorium sawit, yang berlaku selama 3 tahun. Meski demikian, implementasi Inpres ini belum berjalan mulus di sejumlah daerah. Banyak hal menjadi penyebab, diantaranya miskomunikasi antar stakeholder yang dituding menjadi dalang buruknya implementasi Inpres 8 Tahun 2018.

Benarkah demikian? Lalu bagaimana dengan indikasi adanya oknum yang bermain dalam implementasi Inpres 8 Tahun 2018 ini? Seberapa serius pemerintah pusat menciptakan sawit yang berkelanjutan?

Simak kolaborasi Katadata Insight Center (KIC) bersama Madani Berkelanjutan dalam penelusuran moratorium sawit di Provinsi Riau dan Kalimantan Barat berikut ini.

Penulis / Koordinator

Jeany Hartriani, Fitria Nurhayati, Lulu Mahdiyah, Puspa Indah

Editor

Arie Mega Prastiwi, Sapto Pradityo

Infografik

Dani Nurbiantoro, Cicilia Sri Bintang Lestari, Nunik Septiyanti, Pretty Zulkarnain, Aris Luhur Setiawan

Produser

Richard Lioe

Kameramen

Februantoro Anggara, Wahyu Dwi Jayanto

Editor Video

Tim Multimedia

Desainer Grafis

Tim Multimedia

Desain Web

Firman Firdaus / Heri Nurwanto

Programmer

Bayu Mahdani