Ratri Kartika W.
15 November 2022, 15:27

Video: Mendung Sambut KTT G20, Ini Skenario Mitigasi Cuaca

Kedatangan para kepala negara untuk menghadiri hari pertama KTT G20 di Apurva Kempinski, Bali pada Rabu (15/11) di sambut dengan cuaca mendung dan gerimis. Walau begitu jalannya kedatangan delegasi negara-negara anggota sepanjang karpet merah masih terlihat lancar.

Cuaca di musim hujan setiap periode akhir tahun di Indonesia menjadi perhatian. Karena berbagai agenda pertemuan sebagian besar dilakukan di area terbuka karena ingin menunjukkan keindahan Bali. Namun, pihak kepanitiaan G20 sudah menyiapkan mitigasi cuaca untuk mencegah cuaca buruk.

“Melalui mitigasi cuaca dengan menggunakan teknologi dengan menaburkan garam di beberapa awan agar kawasan Bali ini tidak turun hujan. Masyarakat Bali juga menggunakan doa-doa relijius, dengan kearifan lokal. Namun hujan-tidak hujan urusan maha kuasa,” jelas Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Agenda-agenda di area terbuka ini di antaranya adalah saat makan siang di Bamboo Room Apurva yang sengaja dibuat semi-outdoor agar tetap bisa menikmati makan siang tanpa rasa lembab negara tropis. Kemudian agenda foto bersama para delegasi juga dilakukan di area terbuka dengan latar belakang pinggir pantai. Selanjutnya agenda makan malam yang digelar di Lotus Pond, GWK yang dijanjikan akan memperlihatkan keunikan GWK yang dikelilingi batu kapur besar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami