Kemenperin Fasilitasi 70 IKM Pasok Komponen Otomotif ke APM

Dimas Jarot Bayu
12 Desember 2017, 12:19
Pabrik otomotif
Arief Kamaludin|KATADATA
Kegiatan industri perakitan kendaraan.

Kementerian Perindustrian memfasilitasi 70 industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif dari beberapa sentra di Pulau Jawa untuk bekerja sama dengan 30 pemasok Agen Pemegang Merek (APM). Langkah ini dimaksudkan agar IKM dan industri besar dapat saling bersinergi sehingga menguntungkan kedua belah pihak.

“Dalam kemitraan ini, IKM dapat memperoleh kepastian pasar dan pasokan bahan baku serta mendorong IKM melakukan perbaikan kualitas dan kuantitas, sistem manajemen, peningkatan SDM, akses informasi, teknologi, perizinan dan hal lainya sehingga lebih berdaya saing,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Link and Match IKM Komponen Otomotif dengan Supplier APM di Kemenperin, Jakarta, Senin (11/12).

(Baca: Industri Otomotif Butuh Tambahan Pasokan Baja)

Saat ini, terdapat 416 sentra IKM komponen otomotif yang tersebar di Kabupaten Tegal, Klaten, Purbalingga, Sidoarjo, Juwana, Pasuruan, Sukabumi, dan Bandung. Selanjutnya, sekitar 123 IKM tergabung dalam Perkumpulan Industri Kecil dan Menengah Komponen Otomotif (PIKKO).

Adapun, 70 IKM komponen otomotif yang ikut serta dalam kegiatan link and match ini berasal dari sentra-sentra IKM logam di Kabupaten Klaten, Tegal, Purbalingga, Sidoarjo, Pasuruan, Jabodetabek serta IKM yang tergabung dalam PIKKO dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Mereka bekerja sama dengan Pemasok APM, antara lain PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Astra Daihatsu Motor, dan Astra Honda Motor.

(Baca: Mandiri Tunas Finance Incar Kembali Sindikasi Pinjaman US$ 150 Juta)

Dirjen IKM Gati Wibawaningsih mengatakan, IKM komponen otomotif merupakan salah satu mata rantai dalam siklus bisnis industri kendaraan di Indonesia. Sinergi yang baik antara industri besar dengan IKM komponen otomotif akan mendorong pula pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...