Riset CDC: Sesama Penerima Vaksin dapat Kontak Fisik Tanpa Masker

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Maret 2021, 16:31
vaksin virus corona, pandemi corona, Amerika Serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Mike Segar/HP/sa.
Penduduk Amerika berbaris di sekitar Jacob K. Javits Convention Center di tengah kota Manhattan sisi barat, untuk menerima vaksin virus corona (COVID-19) di New York City, New York, AS, Selasa (2/3/2021).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) di Amerika Serikat menyebutkan orang-orang yang telah mendapatkan vaksin secara penuh dapat lebih aman beraktivitas. Mereka dapat dengan aman mengunjungi sesama orang yang telah divaksin tanpa perlu mengenakan masker, tapi mereka tetap perlu menjaga protokol kesehatan selama di tempat umum.

CDC mendefinisikan orang yang divaksinasi penuh yakni mereka yang telah dua minggu menerima dosis kedua vaksin Moderna dan Pfizer Covid-19 atau dua minggu setelah menerima dosis tunggal vaksin Johnson & Johnson.

Dari penelitian CDC, mereka yang telah divaksinasi terbukti tidak menyebarkan Covid-19. Namun, para ilmuwan masih mencoba memahami berapa lama perlindungan vaksin bertahan. "Tingkat kewaspadaan yang diambil harus ditentukan oleh karakteristik orang yang tidak divaksinasi, yang tetap tidak terlindungi terhadap Covid-19," bunyi pedoman dikutip dari CNN International, Selasa (9/3).

CDC juga memberikan panduan, mereka yang telah divaksin penuh dapat: berkontak dengan orang yang tidak divaksinasi yang tinggal serumah, tanpa menggunakan masker atau jarak fisik. Asalkan orang yang tidak divaksinasi berisiko rendah terkena penyakit parah.

Selain itu, mereka yang sudah divaksinasi secara penuh tak lagi perlu dikarantina dan melakukan pengujian tes Covid-19 jika terpapar dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19. Asalkan yang telah divaksin ini tidak menunjukkan gejala dan harus tetap memantau timbulnya gejala selama 14 hari.

Dengan panduan ini, berarti bahwa kakek-nenek yang divaksinasi dapat bertemu cucu mereka yang belum divaksinasi dan memeluknya bila sama-sama tinggal di wilayah yang sama.


Namun, mereka yang telah divaksinasi lengkap juga harus menerapkan protokol kesehatan di tempat umum. Berikut pedoman CDC untuk orang yang divaksinasi lengkap:

1. Kenakan masker dan jaga jarak fisik di sekitar orang yang tidak divaksinasi dan berisiko tinggi terkena Covid-19 parah, atau jika orang yang tidak divaksinasi memiliki anggota keluarga yang berisiko tinggi terpapar Covid-19.

2. Kenakan masker dan jarak secara fisik saat mengunjungi orang yang tidak divaksinasi dan tidak tinggal satu rumah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...