Maia Estianty dkk Galang Donasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
16 Juli 2021, 14:29
Maia Estianty, artis, donasi, covid-19
instagram/@maiaestiantyreal
Ilustrasi, Maia Estianty.

Di tengah lonjakan kasus Covid-19, banyak masyarakat Indonesia yang membentuk gerakan donasi. Beberapa artis dan publik figur membentuk gerakan Anak Bangsa Peduli (ABP) yang menyalurkan donasi bagi tenaga kesehatan (nakes).

Donasi diperuntukkan kepada  para tenaga kesehatan yang berjuang di lini terdepan pandemi. Gerakan Anak Bangsa Peduli (ABP) ini diprakarsai oleh Maia Estianty, Cathy Sharon, Wanda Ponika, Rudi Valinka, dan tim untuk menyalurkan bantuan kepada para nakes yang bertugas.

Maia mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat yang sudah terlibat dalam gerakan ini. “Sumbangan kalian, semoga berguna bagi mereka yang sedang benar-benar membutuhkan. Allah membalas untuk kalian,” kata Maia dalam akun Instagram yang terverifikasi, dikutip Jumat (16/7).

Gerakan ini mulai pada 3 Juli, yang menghimpun dana melalui medium kitabisa.com. Mereka menerima donasi mulai Rp. 1000. Hingga Jumat (16/7) dapat menghimpun dana hingga Rp 1,5 miliar yang berasal dari 10.451 donatur.

Tak hanya menerima donasi melalui kitabisa.com, Anak Bangsa Peduli juga menerima bantuan dari SiCepat Express senilai Rp. 700 juta multivitamin yang disalurkan ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek pada 9 Juli lalu.

Anak Bangsa Peduli menggandeng Tim Mitigasi Dokter IDI untuk memastikan donasi tersalurkan tepat sasaran. Mereka menyalurkan bantuan untuk nakes berupa asupan makanan, vitamin dan Alat Perlindungan Diri (APD), masker N95, hazmat, gloves, cap, dan apron.

Pada 6 dan 13 Juli mereka menyalurkan bantuan total Rp 300 juta yang dibelanjakan dalam bentuk APD dan vitamin bagi nakes di Rumah Sakit dan Puskesmas. Kemudian secara berkala sejak 10 - 15 Juli kemarin mereka kembali menyalurkan multivitamin lengkap, makanan serta minuman bagi nakes.

Donasi telah disalurkan ke 11 Rumah Sakit, seperti RSUD Kota Bekasi, RSUD Pasar Rebo, RSUD Cengkareng, RSUD Pasar Minggu, RSU Haji, RSUD Kota Tangerang, RSU Daan Mogot, RSUD Kebayoran Lama, dan RSUD Pasar Minggu. "kami juga menyerahkan makanan untuk RS Carolus serta RS Sulianti Saroso,” kata Maia.

Lapor Covid-19 mencatat, sebanyak 1.066 tenaga kesehatan di Indonesia meninggal dunia akibat virus corona Covid-19 hingga Selasa, 6 Juli 2021. Mayoritas tenaga kesehatan yang meninggal karena virus mematikan tersebut adalah dokter, yakni 405 orang.

Sebanyak 339 perawat juga tercatat meninggal akibat corona. Kemudian, ada 166 bidan yang meninggal karena terpapar virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut. Berikut grafik Databoks:



Reporter: Mela Syaharani

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...