Jokowi Sebut Pandemi Bagai Kawah Candradimuka, Beri Pelajaran Berharga

Abdul Azis Said
16 Agustus 2021, 10:07
Jokowi, pandemi, sidang tahunan
ANTARA FOTO/HO/Biro Pemberitaan Parlemen/wpa/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (ketiga kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri) dan para pimpinan MPR, DPR dan DPD saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Presiden Jokowi mengibaratkan kondisi pandemi Covid-19 sebagai kawah candradimuka. Kondisi pandemi menguji, mengajarkan dan mengasah bangsa Indonesia.

"Pandemi dan resesi ekonomi bisa menjadi ajang perbaikan diri dan menguatkan diri dalam menghadapi tantangan di masa depan," kata Jokowi dalam pidato kenegaraan dalam sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Senin (16/8).

Jokowi juga mengibaratkan pandemi, resesi ekonomi dan krisis kesehatan sebagai layaknya sebuah api. Pemerintah berusaha menghindari api tersebut, namun apabila kondisinya terlanjur terjadi, maka langkah terbaik dengan beradaptasi.

Jokowi mengatakan, api memang memiliki sifat destruktif karena mampu membakar, tapi di sisi lain bersifat menerangi. Semakin berat tantangan ekonomi dan kesehatan yang dirasakan selama pandemi, akan membuat bangsa Indonesia menjadi semakin terasah, tahan banting dan kokoh.

"Semakin mampu bertahan, hal ini membantu Indonesia untuk memenangkan gelanggang pertandingan melawan Covid-19," kata dia.

Jokowi juga menyinggung, pandemi Covid-19 telah memacu semua orang untuk berubah, terutama mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan. Hal ini sekaligus menjadi bekal untuk mencapai target Indonesia di masa depan.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...