Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kenakan Pakaian Adat Suku Baduy

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Agustus 2021, 09:18
jokowi, sidang tahunan MPR/DPR
ANTARA FOTO/HO/Biro Pemberitaan Parlemen/wpa/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Wakil Presiden Ma\'ruf Amin (ketiga kanan), Ketua MPR Bambang Soesatyo (ketiga kiri) dan para pimpinan MPR, DPR dan DPD saat menghadiri Sidang Tahunan MPR Tahun 2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021). ANTARA FOTO/HO/Biro Pemberitaan Parlemen/wpa/aww.

Seperti tradisi tahun-tahun sebelumnya, Presiden Joko Widodo, mengenakan pakaian adat dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (16/8). Tahun ini akan menjadi  penyelenggaraan kedua dari Sidang Tahunan MPR RI yang menggunakan konsep hadir secara fisik dan virtual.

Dalam acara tersebut, Jokowi hadir mengenakan baju adat suku Baduy, yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Ia memakai setelan atasan dan celana hitam dengan lencana merah putih di dada sebelah kiri. Selain itu, Jokowi juga mengenakan telekung atau ikat kepala berwarna biru, lengkap dengan tas rajut berwarna cokelat. Jokowi juga terlihat mengenakan masker berwarna hitam.

Sementara itu, Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin pagi ini terlihat mengenakan pakaian adat Suku Mandar asal Sulawesi Barat. Pakaian adat pria Suku Mandar yang dikenakan Wapres kali ini memang tampak sederhana. Sebab, hal ini dilandasi alasan filosofis bahwa pria Mandar harus gesit dan cekatan dalam bekerja.

Namun, perpaduan jas dan celana hitam dengan kain sarung tenun warna merah bercorak khas Mandar yang digunakan sebagai ikat pinggang, serta penutup kepala yang disebut songkok tabone,

Adapun Jokowi akan berpidato dua kali dalam Sidang Tahunan MPR RI. Pertama, Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021, pukul 09.00 WIB.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...