PPKM Level 4 Turunkan Keterisian RS Covid-19 Nasional ke Level 44%

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 Agustus 2021, 16:32
Covid-19, PPKM level 4, rumah sakit
. ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/Handout
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi dua orang tenaga kesehatan meninjau sejumlah fasilitas usai meresmikan Rumah Sakit Modular Pertamina di Jakarta, Jumat (6/8/2021).

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit Covid-19 di Indonesia mengalami penurunan. Penurunan BOR sebagai dampak dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang kemudian berganti istilah menjadi PPKM Level 4.

Per 18 Agustus 2021, rata-rata tingkat keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19 secara nasional sebesar 44,05%. “Per hari ini pukul 09.00 tadi, sudah tidak ada yang tingkat keterisian tempat tidur isolasinya di atas 80%, sudah tidak ada yang kritikal,” kata Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, dalam diskusi virtual, Rabu (18/8).

Advertisement

Meskipun tidak ada yang di atas 80%, BOR di empat provinsi masih di atas 60%. Adapun empat provinsi tersebut yakni Bali dengan tingkat keterisian ruang isolasi sebesar 75,55%, Kalimantan Timur sebesar 64,40%, Sulawesi Tengah sebesar 63,57% dan tingkat keterisian ruang isolasi di Kalimantan Selatan sebesar 63,44%.

“Jadi semuanya tidak ada lagi yang berwarna merah, sekarang hanya ada warna orange. Ini artinya hati-hati karena sudah di atas 60%,” kata dia.

Adapun jumlah BOR di bawah 60% sebanyak 30 provinsi. Bahkan, tujuh provinsi di antaranya memiliki angka keterisian ruang isolasi di bawah 30% dan tiga di antaranya ada di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat dengan tingkat keterisian ruang isolasi sebesar 27,83%, Banten 27,64% dan DKI Jakarta dengan tingkat keterisian ruang isolasi sebesar 25,55%.

Penurunan BOR sebagai dampak dari PPKM Level 4. “Beberapa waktu lalu ya deg-degan ini BOR sudah di atas 80%, bahkan ada yang sampai 90%. Jadi kita bisa lihat kemajuan yang signifikan terjadi dalam beberapa pekan terakhir,” ujar dia.

Di sisi lain, tingkat keterisian ruang ICU di dua provinsi yakni Bangka Belitung dan Kalimantan Tiimur masih berada di atas 80%. Tingkat keterisian ruang ICU di Bangka Belitung per 18 Agustus mencapai 95,48% dan Kalimantan Timur sebesar 83,54%. “Kalau bisa ini segera ditekan, yang sakit segera sembuh dan yang sehat jangan sampai sakit,” katanya.

Pada awal Juli, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan pasien corona di 6 provinsi di Pulau Jawa melebihi 80% sedangkan di 14 provinsi di luar Jawa dan Bali BOR sberada di angka sekitar 50-80%.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement