Formula E Jakarta 2022 di Ancol, Desain Sirkuit Mirip Kuda Lumping

Sirkuit Formula E 2022 tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer dan lebar 12 meter yang berada di tengah-tengah kawasan Ancol.
Yuliawati
22 Desember 2021, 12:36
Formula E, Ancol
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/wsj.
Suasana kawasan Taman Impian Jaya Ancol jelang pembukaan kembali di Jakarta, Senin (15/6/2020).

Panitia Pelaksana Jakarta E-Prix mengumumkan memilih Ancol di Jakarta Utara sebagai lokasi sirkuit Formula E Jakarta 2022. Pemilihan Ancol berdasarkan kajian dari Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Baru tadi pagi diberikan persetujuan sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta adalah di Ancol," ujar Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Ahmad Sahroni di di Jakarta Utara, Rabu.

Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 2,4 kilometer yang berada di tengah-tengah kawasan Ancol. Lebar sirkuit 12 meter dan treknya membentuk kuda lumping jika dilihat dari atas.

Sirkuit memiliki 18 tikungan dengan trek lurus sebagai tempat adu cepat diberikan sepanjang 600 meter dengan arah lintasan clockwise atau searah jarum jam.

"Filosofi kuda lumping ini adalah nasional, di sebelah kanan itu Jakarta International Stadium, stadion berkelas internasional yang megah sekali itu sebagai The New Iconic Jakarta," ujar Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) Widi Amanasto.

Ahmad Sahroni, penentuan lokasi melewati serangkaian kajian yang mendalam dari pihak Formula E Operation (FEO) dan Federasi Otomotif Internasional (FIA). Penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 ditetapkan pada 4 Juni 2022.

Alasan pemilihan sirkuit tersebut, menurut Sahroni, karena Ancol merupakan ikon Kota Jakarta. Selain itu tempatnya tidak mengganggu masyarakat karena tertutup dari akses jalanan umum. "Tertutup untuk pelaksanaannya pada satu hari tanggal 4 Juni 2022," kata Sahroni.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali mengatakan Ancol selain menjadi arena rekreasi terbesar di Indonesia juga dalam sejarahnya pernah digunakan sebagai lintasan balap, yakni pada pada kurun 1970 hingga 1990.

"Arealnya itu dari sini (Pantai Karnaval) sampai dengan nanti Gerbang Timur. Jadi, Ancol ditunjuk sebagai lokasi E-Prix ini akan mengingat pengalaman nostalgia balap mobil di Ancol," kata Sahir.

Ia berharap dengan terselenggaranya Jakarta E-Prix di Ancol akan membangkitkan juga pariwisata di Jakarta dan juga di Indonesia.

 

Advertisement
Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait