Istana Minta Anies Tuntaskan Masalah Formula E Sebelum Temui Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
25 November 2021, 17:13
formula e, jokowi, jakarta, anies
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto (kanan) dan Direktur Keuangan PPK GBK Susan W menjelaskan rencana rute sirkuit yang disiapkan untuk balap mobil Formula E di kompleks GBK, Senayan, jakarta, Selasa (11/2/2020). Pengelola menyatakan siap menjadikan GBK sebagai tempat yang dipilih sebagai sirkuit Formula E di Jakarta dengan syarat tak akan menggunakan seluruh area dalam 'ring road' Stadion GBK yang biasa digunakan masyarakat untuk berolahraga.

Istana merespons kabar bahwa Presiden Joko Widodo akan memutuskan lokasi penyelenggaraan ajang Formula E. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini mengatakan keputusan penyelenggaraan ajang balapan tersebut jadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Faldo juga mengatakan Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Formula E telah meminta untuk bertemu Jokowi. Namun Pemprov dan panitia disarankan memprioritaskan penyelesaian masalah yang dihadapi dalam menggelar balapan tersebut.

Advertisement

“Venue, jalur, termasuk tata kelola harus disiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Faldo kepada wartawan, Kamis (25/11).

Dia juga mengatakan seluruh dinamika di daerah terkait penyelenggaraan olahraga menjadi tanggung jawab pemangku kebijakan daerah. Faldo juga mencontohkan, ajang Superbike World Championship di Mandalika tak diawali pertemuan panitia dengan Jokowi.

“Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu Presiden terlebih dulu. Kita punya aturan dan prosedur,” katanya.

Sebelumnya Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan Jokowi akan memutuskan lokasi balapan Formula E. Bambang lalu mengungkapkan ada tiga opsi menggelar balapan di Jakarta Utara dan dua berada di Jakarta Pusat.

Senada dengan Bambang, Co-Founder Formula E Alberto Longo mengatakan keputusan lokasi Formula E akan berada di tangan Presiden. Bahkan Longo optimis keputusan mengenai arena balapan akan keluar sebelum pergantian tahun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement