Beredar Daftar Anggota KPU dan Bawaslu Partai Koalisi, DPR Sebut Hoaks

Beredar pesan berantai daftar calon KPU dan Bawaslu yang disebut hasil rapat partai koalisi di Hang Tuah, Selasa malam (15/02).
Image title
16 Februari 2022, 12:13
KPU, Bawaslu, DPR
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Sebanyak 24 calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi II DPR.

DPR sedang memproses uji kepatutan dan kelayakan calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 hingga hari ini. Namun, sejak kemarin beredar persan berantai daftar nama-nama anggota KPU dan Bawaslu yang akan lolos seleksi.  

Wakil Ketua Komisi II Fraksi PKB Luqman Hakim mengatakan informasi itu tidak benar.  “Fit and proper test saja masih berjalan kok, bagaimana caranya bisa diambil keputusan? Hoax itu,” ujar Luqman pada Rabu (16/2).

Anggota Komisi II Fraksi Golkar Agung Widyantoro. Agung mengatakan belum ada satupun musyawarah yang membicarakan nama-nama calon anggota KPU-Bawaslu yang lolos uji kepatutan dan kelayakan.
 
Memasuki hari ketiga uji kepatutan dan kelayakan, Agung mengatakan para calon baru rata-rata membawa konsep baru dan ide untuk pembangunan terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak.

Agung menambahkan tidak sedikit juga calon anggota yang membawa catatan dan koreksi dari pelaksanaan Pemilu yang selama ini berjalan. Selain itu, terdapat gagasan pemilu yang efisien dengan biaya yang murah dan hasil maksimal.

Dia meminta agar publik bersabar menunggu hasil fit and proper test. Proses seleksi ini dapat disimak dari siaran langsung. “Dari penjelasan tersebut secara tegas saya nyatakan belum final dan belum ada nama-nama yang telah diputuskan,” ujar Agung.

Agenda uji kepatutan dan kelayakan calon anggota KPU-Bawaslu telah berlangsung sejak Senin (14/2) lalu dan akan berakhir pada hari ini. Komisi II juga berencana menggelar rapat pleno setelah rampung  uji kepatutan dan kelayakan.

Berikut ini pesan berantai daftar calon KPU dan Bawaslu yang disebut hasil rapat partai koalisi di Hang Tuah, Selasa malam (15/02).  Dari daftar itu, beberapa anggota KPU dan Bawaslu yang terplilih mewakili partai-partai besar seperti PDIP, Golkar dan Gerindra.  
 
KPU :

    Parsadaan Harahap (HMI/Golkar)
    Hasyim Asyari (Ansor/PMII/PKB)
    Betty Epsilon (HMI/Nasdem)
    I Dewa Kade (GMNI/PDIP)
    Yulianto Sudrajat (GMNI/PDIP)
    Yessy Momongan (GAMKI/Gerindra)
    Viryan (HMI/Gerindra)


Bawaslu :

    Rahmat Bagja (HMI/Golkar)
    Fuadi (HMI/Gerindra)
    Totok (GMNI/PDIP)
    Aditya Perdana (HMI/Nasdem)
    Mardian (PMII/PKB)

Advertisement
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait