Google Sebut Hacker Rusia Serang NATO dan Eropa Timur

Yuliawati
Oleh Yuliawati
31 Maret 2022, 11:10
Ukraina, Rusia, NATO
ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/WSJ/dj
Suasana dimulainya pertemuan meja bundar pada KTT NATO membahas invasi Rusia di Ukraina, di kantor pusar aliansi di Brussels, Belgia, Kamis (24/3/2022).

Google melaporkan peretas atau hacker Rusia baru-baru ini berupaya untuk menjebol jaringan NATO dan militer di sejumlah negara Eropa timur. Peretasan dalam bentuk phishing yang dikerjakan kelompok hacker dengan nama Coldriver atau Callisto yang berbasis di Rusia.

"Kampanye ini dikirim menggunakan akun Gmail yang baru dibuat ke akun-akun bukan milik Google, sehingga tingkat keberhasilan kampanye ini tidak diketahui," tulis laporan tersebut, dikutip dari Reuters, Kamis (31/3).

Advertisement

Phishing merupakan serangan siber yang berusaha mencuri data pengguna seperti nama pengguna, kata sandi, atau informasi kartu kredit menggunakan alamat email yang tampaknya milik entitas tepercaya.

 Google mengatakan serangan Coldriver ini pertamakalinya menargetkan pusat pelatihan militer NATO dan juga negara-negara Eropa Timur. Reuters megatakan NATO tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Forbes menyebutkan Coldriver  juga telah mencoba serangan phishing terhadap beberapa organisasi non-pemerintah berbasis di AS, kontraktor pertahanan Ukraina dan militer dari negara Balkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement