Masjid At-Thohir di Mata Erick Thohir dan Imam Besar New York

Metta Dharmasaputra
1 April 2022, 16:46
Erick Thohir, Garibaldi Thohir, Masjid At-Thohir, masjid
Katadata | Metta Dharmasaputra
Garibaldi Thohir bersama Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani dan komunitas muslim di depan Masjid At-Thohir Los Angeles, Amerika Serikat, 27 Maret 2022

Masjid At-Thohir di Los Angeles, Amerika Serikat, punya arti tersendiri di mata Menteri BUMN Erick Thohir dan Imam besar New York Shamsi Ali. Selain menjadi tempat ibadah dan pusat dakwah Islam, bangunan suci ini diharapkan menjadi sumber kebaikan bagi semua umat manusia.

"Alhamdulillah masjid At-Thohir di Los Angeles telah diresmikan," ujar Erick Thohir dalam pesan singkatnya melalui video kepada katadata.co.id. "Terimakasih atas dukungannya. Insya Allah, masjid ini bisa bermanfaat bagi komunitas muslim Indonesia atau lainnya yang berada di Los Angeles."

Masjid At-Thohir diresmikan pada Minggu, 27 Maret lalu oleh Duta Besar Indonesia untuk AS Rosan P. Roeslani. Menempati areal seluas 1.100 meter persegi, bangunan masjid yang semula digunakan sebagai gereja komunitas Samoa ini terletak di jantung kota Los Angeles.

Dengan luas bangunan sekitar 650 meter persegi, masjid megah bercat putih ini dapat menampung 250 orang. Di areal ini juga terdapat tempat belajar-mengajar dengan fasilitas modern.

Bangunan ini dibeli oleh keluarga Thohir pada 2018 bersama masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles, dan mulai dibangun sejak 2019 meski sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

Saat peresmian, Garibaldi Thohir, Direktur Utama PT Adaro Energy Tbk yang juga kakak Erick Thohir, menyampaikan ide dan niat pendirian masjid ini sesungguhnya sudah sejak lama.

Masjid At-Thohir Los Angeles, Amerika Serikat
Garibaldi Thohir bersama Dubes Indonesia untuk AS Rosan Roeslani dan komunitas muslim di dalam Masjid At-Thohir Los Angeles, AS. (Katadata | Metta Dharmasaputra)

Bermula dari kegalauan mendiang ayah mereka Mochamad Teddy Thohir, saat beberapa kali berkunjung ke Los Angeles pada sekitar 2015. Setiap salat Jumat, sang ayah selalu menyampaikan keresahannya mengapa di kota dengan puluhan ribu penduduk muslim Indonesia ini, tidak ada masjid yang dimiliki dan dikelola oleh orang Indonesia.

"Saat itulah saya dan Erick berjanji untuk suatu saat bisa mendirikan masjid di sini," ujar Boy Thohir, sapaan akrab Garibaldi. "Kebetulan saya dan Erick berkuliah di Los Angeles."

Belum sempat ide ini terwujud, sang ayah telah meninggal dunia pada akhir 2016. "Jadi, ini janji dan bakti saya dan Erick kepada ayah untuk mewujudkannya," ujar Boy.

Masjid At-Thohir di Los Angeles merupakan masjid keenam di AS yang dikelola masyarakat muslim Indonesia. Lima lainnya terdapat di Washington D.C. Maryland, Philadephia, Houston, New York plus satu pesantren di Connecticut.

Imam Besar Masjid New York Shamsi Ali menyambut baik dan senang atas peresmian masjid At-Thohir di Los Angeles.

Halaman:
Reporter: Metta Dharmasaputra
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...