Tembakan Maut di SD, Ini Daftar Penembakan Massal di Amerika Serikat

Yuliawati
Oleh Yuliawati
25 Mei 2022, 15:55
Amerika Serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello/aww/cf
Warga menangis di luar Ssgt Willie de Leon Civic Center, di mana pelajar dipindahkan dari Sekolah Dasar Robb setelah penembakan di Uvalde, Texas, Amerika Serikat, Selasa (24/5/2022).

Seorang pria bersenjata melancarkan tembakan di sebuah sekolah dasar di South Texas, Amerika Serikat pada Selasa (24/5) hingga menewaskan 14 murid dan satu guru.

Gubernur Texas Greg Abbott mengatakan tersangka pelaku tewas dalam penembakan yang terjadi siang hari di Robb Elementary School di Kota Uvalde, Texas, sekitar 130 kilometer sebelah barat San Antonio.

Advertisement

Serangan maut tersebut merupakan yang terbaru dari serangkaian penembakan massal di Amerika Serikat.

Sepanjang 2021 terdapat 61 insiden penembakan di Amerika Serikat. Berdasarkan laporan FBI, jumlah penembakan itu meningkat tajam dari tahun sebelumnya dan yang tertinggi dalam 20 tahun terakhir ini.

Berikut daftar penembakan massal terbaru:

- BUFFALO, 14 Mei 2022 - Seorang pria kulit putih bersenjata membunuh 10 warga kulit hitam di sebuah pusat perbelanjaan dalam serangan yang bermotif rasisme. Pria tersebut dikenai dakwaan dan masih disekap di penjara tanpa kemungkinan mendapat pembebasan sementara dengan jaminan.

- NEW YORK CITY, 12 April 2022 - Dalam salah satu serangan paling parah dalam sejarah sistem transportasi New York, 23 orang terluka ketika seorang pria berusia 62 tahun mengaktifkan sebuah bom asap serta mengeluarkan tembakan di sebuah stasiun kereta bawah tanah. Tersangka pelaku ditangkap keesokan harinya.

- OXFORD, 30 November 2021 - Empat siswa tewas dan tujuh orang terluka ketika seorang remaja melancarkan tembakan di sebuah sekolah menengah atas di Oxford, Michigan.

- INDIANAPOLIS, 16 April 2021 - Seorang bekas pegawai FedEx yang sebelumnya berada dalam perawatan psikiatri menembak hingga tewas delapan orang dan melukai sejumlah lainnya di sebuah fasilitas perusahaan itu di Indiana. Pelaku kemudian bunuh diri.

- LOS ANGELES, 31 Maret 2021 - Empat orang tewas, termasuk seorang anak, dalam penembakan di sebuah gedung perkantoran di pinggiran Los Angeles. Setelah itu, seorang tersangka ditangkap.

- BOULDER, 22 Maret 2021 - Penembakan massal terjadi di sebuah supermarket di Boulder, Colorado, hingga menewaskan 10 orang, termasuk satu polisi.

- ATLANTA, 16 Maret 2021 - Delapan orang, termasuk enam perempuan keturunan Asia, tewas ditembak dalam serangkaian serangan di beberapa spa di dan sekitar Atlanta. Seorang pria tersangka ditangkap.

- MILWAUKEE, 26 Februari 2020 - Seorang pria bersenjata memuntahkan peluru di kompleks produksi bir Molson Coors Beverage Co di Milwaukee. Ia menewaskan lima teman kerjanya dan kemudian bunuh diri.

- DAYTON, 4 Agustus 2019 - Seorang pria dengan mengenakan rompi antipeluru melancarkan tembakan di pusat kota Dayton, Ohio, hingga membunuh enam orang, termasuk saudara perempuannya sendiri. Polisi menembak mati si pelaku.

- EL PASO, 3 Agustus 2019 - Seorang pria menewaskan 22 orang dalam penembakan di sebuah toko Walmart di El Paso, Texas. Sebuah pernyataan, yang diyakini ditulis oleh sang tersangka pelaku, menyebut serangan itu sebagai "pembalasan terhadap invasi Hispanik ke Texas." Si penembak ditangkap oleh pihak berwenang.

- VIRGINIA BEACH, 31 Mei 2019 - Seorang pegawai kantor layanan publik yang kecewa menembak teman-teman kerjanya di sebuah kantor wali kota di Virginia hingga menewaskan 12 orang. Penyerang tersebut kemudian tewas ditembak oleh polisi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement