Ketua Apeksi Dorong Seluruh Wali Kota Atasi Persoalan UMKM

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Mei 2022, 18:34
Apeksi, UMKM
ANTARA FOTO/Ardiansyah/tom.
Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) didampingi Wali Kota Metro Lampung Wahdi (kedua kiri) mencoba topi adat Lampung saat meninjau Ekspo UMKM di Bandar Lampung, Lampung, Jumat (27/5/2022).

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menilai pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 di daerah dapat dicapai dengan melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Ketua Apeksi Bima Arya mendesak seluruh Wali Kota untuk memasifkan penggunaan produk UMKM.

Bima meminta para wali kota membantu menyelesaikan tiga permasalahan yang biasa menghambat potensi UMKM. Pertama, soal pendataan. Pendataan UMKM di tingkat kota sering kali mengalami perbedaan antar dinas.

Advertisement

“Dinas UMKM ada, Dinas Perindag ada, Dinas Parekraf ada, datanya beda-beda. Bagaimana kita mau perang kalau pemetaannya saja enggak jelas,” kata Bima. saat menjadi pembicara di HUT ke -22 Apeksi di Bandar Lampung, Jumat (27/5).

Dua permasalahan lainnya yakni aspek permodalan dan aspek pemasaran. Menurut Bima, para pimpinan kota harus melakukan kolaborasi dengan pihak swasta untuk memperoleh modal dan akses pasar bagi produk UMKM yang mereka tawarkan.

Jika ketiga hal itu bisa diperbaiki, ujar Bima, Pemerintah Kota bisa menghemat anggaran yang biasa mereka keluarkan. “Zero APBD dengan berbagai macam kolaborasi dengan komunitas yang lebih kreatif dan paham arus kekinian. Itu sangat bermanfaat,” ujar Bima.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement