Pembangunan IKN Akan Serap 200 Ribu Pekerja Mulai Tahun Depan

Amelia Yesidora
3 Juni 2022, 17:51
IKN, ibu kota nusantara
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Suasana lokasi yang akan menjadi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (19/4/2022).

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) kini dalam tahap pelaksanaan. Kepala otorita IKN Bambang Susantono menjelaskan dengan dimulainya pembangunan IKN akan menyerap 150 ribu hingga 200 ribu pekerja di lapangan pada 2023.

Bambang menyatakan dalam semester kedua tahun ini akan dimulai pekerjaan lapangan di IKN. Beberapa diantaranya adalah pematangan tanah alias land development, pembangunan akses logistik, dan jalur menuju infrastruktur.

Advertisement

Penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar diperlukan untuk mengejar target pembangunan IKN. Bersamaan dengan penyerapan tenaga kerja itu, ia juga berkomitmen untuk tetap memperhatikan lingkungan hidup dan interaksi dengan masyarakat sekitar.

“Kami juga berharap nanti ada pola di mana masyarakat bisa terlibat langsung di dalam pembangunan ini,” kata Bambang dalam konferensi pers, Jumat (3/6).

Dalam rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo pada Jumat (3/6) ini, Bambang turut menyoroti masalah lahan dan konversi hutan di IKN. Ia menjelaskan bahwa pada prinsipnya penggunaan lahan di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara ini sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami ingin melakukan reforestasi atau penanaman kembali, sehingga kejayaan hutan tropis akan terwujud pada target yang kita lakukan ke depan agar sustainable forest city untuk Nusantara ini benar-benar dapat kita wujudkan dengan baik,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement