Berdiskusi Dua Jam, Luhut dan Tony Blair Bahas IKN hingga Investasi

Andi M. Arief
2 Juni 2022, 13:39
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan mantan PM Inggris Tony Blair.
Instagram Luhut Panjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan mantan PM Inggris Tony Blair.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan menerima kunjungan Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair di kediamannya. Luhut yang ditemani Jubir Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi berdiskusi dengan Blair selama 2,5 jam.

Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan tesebut adalah peran strategis Indonesia di tingkat regional dan global. Luhut mengatakan, Blair memberikan pandangan mengenai bagaimana Indonesia mengambil sikap di situasi gobal yang tidak menentu. 

"Menurutnya, (Indonesia) punya peran yang patut diperhitungkan. Kami berdiskusi banyak, mulai dari ibu kota baru (sampai) investasi (di) Indonesia," kata Luhut dalam akun media sosialnya, Kamis (2/6).

Dalam pertemuan tersebut, Blair menilai Presiden Joko Widodo terlihat dekat dengan beberapa pemimpin dunia. Kedekatan tersebut dinilai meningkatkan investasi di dalam negeri.

 Luhut mengatakan, salah satu kesimpulan diskusi tersebut adalah keberlanjutan visi dan misi pemerintahan saat ini setelah Presiden Joko Widodo purna tugas atau berhenti menjabat. Selain itu, kesimpulan lannya adalah bagaimana peran Indonesia di komunitas global di situasi yang penuh ketidakpastian. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...