Luhut Sebut Tim Tesla Kagum Usai Kunjungi Pabrik Nikel di Indonesia

Yuliawati
Oleh Yuliawati
9 Juni 2022, 15:24
Luhut dan Elon Musk
Katadata
Luhut dan Elon Musk

Tim Tesla baru saja mengunjungi Indonesia dalam rangka penjajakan investasi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan anak buah Elon Musk kaget setelah mengunjungi dua pabrik tambang nikel di Morowali, Sulawesi Tengah.

Salah satu pabrik tambang nikel yang dikunjungi tim Tesla yakni milik PT Vale Indonesia Tbk. "Waktu timnya Tesla datang ke Morowali dan Vale, mereka terkagum-kagum luar biasa," kata Luhut dalam rapat kerja dengan Banggar DPR, Kamis (9/6).

Tim Tesla kaget dengan kawasan industri untuk pengembangan kendaraan listrik yang disiapkan Indonesia. "Mereka bilang, saya tak pernah melihat ini di luar Cina, begitu hebatnya," kata Luhut.

Luhut mengatakan saat ini jumlah pekerja di kawasan industri Morowali mencapai 75 ribu orang. Adapun investasi tambang nikel di Morowali saat ini mencapai hampir US$ 30 miliar atau setara Rp 432 triliun.

Selain menunjukkan kawasan industri Morowali, Luhut juga menunjukkan kawasan industri hijau di Kalimantan Utara. Kawasan itu disiapkan untuk menghasilkan energi baru terbarukan dengan kapasitas 265 gigawatt hour. "Energi itu dapat digunakan untuk memproduksi 3 juta mobil listrik," kata Luhut.

Selain itu, biaya listrik di Indonesia relatif murah, yakni 5 sen per Kwh. Adapun biaya transportasi terhitung sekitar US$ 1 untuk mengangkut bahan-bahan material.

Luhut mempromosikan di Indonesia tersedia kawasan industri yang menyediakan end-to-end clean energy. "Elon Musk sudah sangat paham mengenai hal tersebut. The best place to go is Indonesia, enggak ada yang lain," ujar Luhut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...